Pemerintah Bebaskan Biaya Listrik? Simak Syarat dan Ketentuan Cara Dapatkan Token Listrik Gratis Ini
Ilutrasi listrik PLN. (Foto: dok PLN)

Pemerintah Bebaskan Biaya Listrik? Simak Syarat dan Ketentuan Cara Dapatkan Token Listrik Gratis Ini

Sabtu, 4 Apr 2020 | 16:25 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Pemerintah mulai menerapkan kebijakan listrik gratis dalam rangka membantu masyarakat kalangan menengah ke bawah yang terbebani oleh dampak merebaknya virus covid-19. Diketahui, virus corona baru ini telah menyebar ke 32 provinsi.

Kebijakan pembebasan listrik ini diharapkan dapat membantu masyarakat kalangan menengah ke bawah yang mengalami penurunan pendapatan secara drastis selama wabah virus corona. Sehingga, masyarakat benar-benar mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak keluar rumah kecuali untuk memasok bahan makanan.

Namun demikian, tak semua dapat menikmati kebijakan listrik gratis maupun pemotongan biaya. Dikutip dari Kompas.com, Sabtu, 4 April 2020, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui soal cara mendapatkan token listrik gratis dari PLN, di antaranya:

Pelanggan yang berhak mendapatkan

Pembebasan dan pemotongan biaya listrik ini diatur dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020

Dalam Perppu tersebut, tertulis pelanggan yang bisa mendapatkan keringanan ini adalah mereka yang menggunakan listrik dengan daya 450 VA dan 900 VA. Ada 24 juta penduduk yang menggunakan listrik berdaya 450 VA. Mereka akan dibebaskan sepenuhnya dari biaya tagihan listrik selama 3 bulan, terhitung untuk bulan April, Mei, dan Juni.

Sementara itu, 7 juta pengguna listrik 900 VA lainnya akan mendapatkan keringanan berupa subsidi 50 persen untuk biaya di 3 bulan yang sama.

Akses kode token gratis via website

Untuk mendapatkan keringanan ini, ada beberapa opsi yang disediakan. Pertama melalui laman resmi PLN yakni www.pln.co.id. Kemudian, di bagian menu Informasi, ada pilihan Gratis/Stimulus PSBB. Klik pilihan tersebut dan isilah data yang diminta, salah satunya ID Pelanggan. Jika sudah, maka kode token gratis akan ditampilkan di layar gadget yang Anda gunakan. Terakhir, masukkan kode token gratis yang ada ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Akses kode token gratis via WhatsApp

Karena situs resmi PLN akan diakses puluhan juta pengguna, menyebabkan situs tersebut susah diakses, maka cara yang lain adalah melalui aplikasi perpesanan WhatsApp. Anda para pengguna listrik 450 VA dan 900 VA hanya perlu mengirimkan chat berisi nomor ID pelanggan ke nomor 08122-123-123. Dengan demikian, kode token gratis akan dikirimkan melalui chat yang sama.

Jika sudah didapatkan, maka masukkan kode tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan. 

Waktu mendapatkan kode token gratis 

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka, menyebutkan, proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini mulai dilakukan pada 1-11 April 2020 secara bertahap. 

“Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 April, paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut,” kata dia, dalam keterangan resminya. 

Namun, untuk layanan yang dilakukan melalui WhatsApp baru bisa efektif pada Senin (6/4/2020). Informasi itu disampaikan Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, melalui siaran langsung YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat (3/4/3030).

“Nomor WhatsApp 08122123123, Insya Allah nanti akan bisa berjalan mulai hari Senin (6/4/2020)," kata dia. 

Untuk mendapatkan layanan via WhatsApp masih dilakukan peningkatan karena penggunaannya diprediksi akan sangat tinggi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...