Pemerintah Besok Akan Cairkan Dana Talangan Lapindo ke Masyarakat

Yudha Raditya
Senin, 13 Juli 2015 15:05 WIB
Oleh Yudha Raditya pada Senin, 13 Juli 2015 15:05 WIB
Image Pemerintah Besok Akan Cairkan Dana Talangan Lapindo ke Masyarakat

image0

 JAKARTA, Dana talangan untuk korban lumpur Lapindo sebesar Rp 781,6 miliar sudah siap digelontorkan ke masyarakat besok, Selasa (14/7/2015). Proses pencairan akan dilakukan menggunakan tranfer bank yang ditunjuk pemerintah.

"besok saya ke sana," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono di Istana Kepresidenan, Senin (13/7/2015).

Basuki mengatakan pembayaran akan dilakukan oleh Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo yang ditunjuk pemerintah untuk menangani ganti rugi. BPLS sebelumnya sudah memverifikasi setiap kepala keluarga di area terdampak yang berhak menerima ganti rugi. Basuki juga menuturkan pembayaran akan dilakukan secara penuh.

"Mungkin langsung ditransfer dengan bank, bukan cash. Ada bank BNI, ada BRI," ujar Basuki.

Setelah dana talangan disampaikan ke masyarakat, Basuki mengaku Presiden Jokowi berniat mendatangi lagi korban Lapindo. Korban Lapindo yang sempat didatangi Jokowi saat kampanye pemilihan presiden lalu itu belakangan bersuara keras menuntut janji manis orang nomor satu itu untuk menuntaskan biaya ganti rugi warga di sana.

"Sampaikan, habis Lebaran saya ke sana," ucap Basuki menirukan pernyataan Jokowi.

Keputusan pemerintah memberi dana talangan ini disebabkan ketidakmampuan PT Lapindo Brantas jika harus membayar ganti rugi sekaligus. Sebagai konsekuensinya, perusahaan itu harus mengembalikan pinjaman dalam jangka waktu empat tahun dengan bunga 4,8 persen per tahun kepada pemerintah. Selain itu, pemerintah juga menyita aset perusahaan senilai Rp 2,7 triliun sebagai jaminan.

7 Cara Usir Migrain Saat Bekerja
Perang Dagang Amerika dan China Makin Panas, Investor Ramai-ramai Tahan Dana

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.