Pemerintah Diminta Hati-hati Ubah Subsidi Listrik

Pemerintah Diminta Hati-hati Ubah Subsidi Listrik

WinGamers.com - Penghapusan subsidi listrik sebenarnya tidak ada, pemerintah hanya mengubah konversi besaran subsidi, dijelaskannya oleh Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Abdul Aziz Khafia.

Namun, pemerintah selaku regulator diminta bersikap hati-hati dalam membuat rencana kebijakan penghapusan subsidi listrik. Disebutkan bahwa listrik yang akan disubsidi hanya untuk pemakai golongan 450VA-900 VA.

Menurutnya, listrik merupakan kebutuhan energi primer. Jika terjadi kesalahan, maka yang menjadi korban adalah masyarakat menengah ke bawah. Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Abdul Aziz Khafia, dalam acara diskusi di gedung Dewan Pers Jakarta, Kamis, dilansir dari VIVA (05/11/2015), Mengatakan "Subsidi listrik bukan hanya sekadar program pemerintah, tetapi juga amanah konstitusi. Sebab, masih banyak masyarakat yang belum merasakan nikmatnya listrik."

Abdul Aziz mengatakan, perlu ada sosialisasi kepada masyarakat mengenai rencana pemindahan konversi subsidi tersebut yang dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

 

"Bagaimana capaian kepada masyarakat? Tentunya dengan alasan yang bisa diterima masyarakat," tuturnya.

Sebab, dia menilai dalam implementasinya, pemerintah masih belum maksimal dalam memenuhi kebutuhan energi listrik secara nasional lantaran kesejahteraan listrik di kawasan terpencil sulit tercapai.