Pemerintah Impor Bawang, Petani Kapok Tanam Bawang Lagi

Wahyu
Wahyu

Pemerintah Impor Bawang, Petani Kapok Tanam Bawang Lagi
Winnetnews.com – Apa sih yang nggak bisa ditanam di Indonesia? Apalagi kalau hanya bawang merah. Tapi sayangnya menjelang bulan puasa, harga bawang merah yang kembali merangkak naik, disiasati dengan mengimpor bawang merah. Namun hal tersebut malah menimbulkan kontroversi bagi petani.

Harganya yang telah mencapai Rp 40 ribu per kilo, membuat pemerintah memutuskan impor 2500 ton bawang merah. Sementara itu, Ketua Dewan Bawang Nasional,

Sunarto Atmo Tarnoyo, mengungkapkan impor bawang merah saat masuk panen raya, akan membuat harga bawang di jatuh. Dampaknya, bisa membuat petani kapok untuk kembali menanam bawang merah.

"Importasi bawang merah dipastikan akan mendistorsi mekanisme stabilisasi harga, dan menyebabkan harga jual bawang merah di tingkat petani terjun bebas di bawah harga pokok produksi," ujar Sunarto.

Tak hanya itu, harga bawang yang anjlok juga akan merembet pada luasan tanam yang menyusut. Kondisi tersebut terjadi karena banyak petani yang khawatir menanam bawang merah, karena sewaktu-waktu pemerintah bisa membuka kran impor.

Dia mengungkapkan, harga pembelian di tingkat petani sudah berada turun hingga Rp 12.000-16.000/kg.

Apa Reaksi Kamu?