Pemerintah Izinkan Penyelenggaran Konser Musik dan Pesta Pernikahan
Foto: Pexels/Wendy Wei

Pemerintah Izinkan Penyelenggaran Konser Musik dan Pesta Pernikahan

Senin, 27 Sep 2021 | 11:59 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Pandemi Covid-19 belum usai, namun pemerintah telah mengizinkan penyelenggaraan beberapa kegiatan besar seperti resepsi pernikahan, kofrensi, hingga konser.

Kabar tersebut disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, agar bisa mempercepat pemulihan ekonomi dan sebagai wadah produktivitas masyarakat.

“Mempertimbangkan perlunya kita mewadahi aktivitas masyarakat agar tetap produktif namun juga aman dari COVID-19, pemerintah kini dapat memberikan izin untuk mengadakan perhelatan dan pertemuan berskala besar yang melibatkan banyak orang, asalkan mematuhi pedoman penyelenggaraan yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Izin penyelenggaraan kegiatan berskala besar ini akan diberikan selama kasus Covid-19 terkendali.

Acara besar yang sejauh ini yang sudah mendapatkan izin, yakni kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2, serta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

“Tentu saja penyelenggaraan kedua acara besar tersebut telah melalui diskusi berbagai pihak guna menekan risiko penularan virus,” jelas Johnny G. Plate.

Saat akan menyelenggarakan acara besar, pihak penyelenggara harus terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan pemerintah atau Satuan Tugas (Satgas) Covid-19. Selain itu, ada pula pedoman kegiatan yang harus diterapkan.

Pertama, melakukan edukasi kesehatan, menyusun pedoman pelaksanaan dengan rencana kontijensi, hingga memastikan fasilitas yang mendukung penerapan protokol kesehatan.

Selanjutnya yang kedua, penyelenggara harus memastikan screening kesehatan ketika acara berlangsung, memastikan saran prasarana kesehatan cukup dan mudah diakses, serta memastikan seluruh partisipan mematuhi prokes.

Dan yang ketiga, saat acara sudah selesai, penyelenggara diwajibkan memastikan tidak ada kasus positif yang kembali ke daerah asal dan melakukan karantina ketat setelah kembali ke daerah asal.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...