Pemerintah Kebut Kebijakan Ekonomi RI Tahap II

Pemerintah Kebut Kebijakan Ekonomi RI Tahap II

 Wingamers.com - Setelah diluncurkannya paket kebijakan ekonomi RI tahap ke I banyak pihak berpandangan, kebijakan ekonomi ini masih banyak dalam tataran normatif. Menjawab tantangan ini, Pemerintah kemudian menggodog paket kebijakan ekonomi tahap ke II yang rencananya akan dikeluarkan di bulan Oktober 2015. Diharapkan kebijakan ini akan mendorong perbaikan perekonomian Indonesia untuk jangka pendek, mengingat Indonesia sedang mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi di tahun ini.

Beberapa pihak memuji terobosan paket ekonomi ini, seperti salah satunya datang dari Kadin Indonesia. Rocky Pesik, Ketua Komite Tetap Koordinasi Asosiasi-Asosiasi Jasa Kadin mengatakan, “Paket kebijakan sudah cukup bagus, namun realisasinya seperti apa kita masih mau lihat, karena yang penting bukan hanya level kebijakan tapi pelaksanaan di lapangannya. Nanti dari masing-masing kementerian dan lembaga, apakah sudah mengerti apa saja yang nanti yang bisa sederhanakan."

Menurut Bambang Brojonegoro, Menteri Keuangan, "Stimulus fiskal Indonesia diarahkan melalui percepatan penyerapan anggaran yang tepat sasaran, peningkatan daya beli, dan insentif bagi dunia usaha," ujarnya pada Kamis, 17 September 2015. Menurut sumber Kontan, bahwa paket kebijakan jilid II salah satunya adalah menurunkan harga BBM jenis premium dan solar.