Pemerintah Korea Selatan Akan Larang Foto Artis Wanita Hiasi Label Botol Minuman Berakohol
Foto: Pinterest

Pemerintah Korea Selatan Akan Larang Foto Artis Wanita Hiasi Label Botol Minuman Berakohol

Selasa, 5 Nov 2019 | 17:18 | Nisa Diniah

Winnetnews.com - Minuman beralkohol seperti soju dan bir merupakan minuman keras yang umum dikonsumsi di Korea Selatan. Apalagi soju kini tealh menjadi minuman populer tak hanya di Korea, tapi juga negara lainnya, terutama kawasan Asia. Produk-produk tersebut biasaanya sering mengontrak selebriti wanita populer menjadi bintang iklan. 

Namun dilaporkan bahwa warga Korea kemungkinan tidak akan bisa melihat wajah para artis cantik Korea menghiasi botol soju. Iklan penjualan soju, bir dan minuman beralkohol lainnya akan mulai dibatasi di Korea Selatan.

Dilansir dari Koreaboo, pada hari Senin (4/11), Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea Selatan mengumumkan bahwa mereka akan membuat langkah-langkah untuk memperbaiki peraturan melarang foto selebriti dipajang pada botol minuman keras.

Pemerintah memutuskan untuk merevisi undang-undang terkait, yang mencakup kriteria iklan minuman keras, untuk mencegah produk minuman beralkohol diiklankan oleh selebriti wanita. Nantinya, iklan-iklan minuman berakohol tidak akan menampilkan artis wanita sebagai bintang iklan maupun endorser. Tak hanya dalam iklan video, larangan ini juga berlaku untuk iklan berupa foto atau poster.

Pemerintah Korea Sendiri telah mengeluarkan biaya hingga 138,8 miliar won Korea Selatan untuk mempromosikan program antirokok. Namun, anggaran untuk kampanye anti minuman beralkohol hanya 1,3 miliar won Korea Selatan, yang menunjukkan bahwa hal ini sangat timpang sekali.

"Sementara bungkus rokok memiliki gambar pasien kanker (gambar peringatan), botol-botol soju memiliki gambar orang-orang terkenal, termasuk selebriti wanita, baik tembakau maupun alkohol, dan perbedaan suhu terlalu besar meskipun faktanya mereka menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker dan tekanan darah tinggi yang mengancam kesehatan masyarakat," tutur Cho In Seong, anggota parlemen dari Komite Kesehatan dan Kesejahteraan Majelis Nasional.

Foto selebriti di botol minuman keras dianggap merupakan cara promosi yang mendorong anak di bawah umur dan remaja untuk ikut mengkonsumsi. "Saya mengerti bahwa tidak ada negara yang memiliki iklan alkohol dengan gambar selebriti kecuali Korea. Saya akan berkonsultasi dengan Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan untuk menyelesaikan masalah ini," lanjut Cho In Seong.

Menanggapi hal ini, sebuah perusahaan memberi tanggapan tentang larangan foto selebriti menghiasi botol-botol dan kaleng minuman berakohol.  "Kami tidak dapat mengungkapkan pendapat kami dengan tergesa-gesa karena kebijakan pemerintah belum diputuskan dengan jelas," ujar perusahaan minuman keras utama Korea.

"Kami diharapkan untuk mengumpulkan pendapat dari masing-masing perusahaan dalam proses persidangan. Jika kami dilarang melampirkan foto selebriti, kami harus berpikir tentang membedakan diri kami melalui faktor lain selain model," komentar sumber lain.

image0

Seperti yang diketahui, sejumlah brand produsen soju kerap menggandeng selebriti wanita populer sebagai bintang iklan. Sebut saja Suzy, Irene Red Velvet, IU, Seolhyun AOA, Naeun Apink, hingga Sejeong Gugudan. Kedepannya, para selebriti wanita ini kemungkinan tidak akan berkaitan lagi dengan minuman beralkohol.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...