Skip to main content

Pemerintah lindungilah rupiah ujar Analis

Pemerintah  lindungilah rupiah ujar Analis
Pemerintah lindungilah rupiah ujar Analis

JAKARTA. – Analis mengatakan , Sudah saatnya pemerintah melakukan langkah inisiatif untuk jangka pendek. Dengan terjadinya penilaian pelemahan rupiah yang kian dalam, Meski diduga itu belum bisa mengangkat harga yang signifikan, tapi paling tidak bisa langkah tersebut bisa menjadi perisai pelindung. Dengan Menilai pelemahan rupiah yang kian dalam,

Lana Soelistianingsih, Ekonom Samuel Aset Manajemen menyarankan, untuk jangka pendek memang sulit menemukan langkah signifikan. Tapi satu yang bisa segera dilakukan oleh BI dan pemerintah adalah melakukan aksi persuasif. “BI dan pemerintah kan tahu siapa yang memegang USD dalam jumlah besar, saatnya ajak mereka untuk merupiahkan USD-nya,” sarannya.

Jikapun nanti memang butuh sumber dana lainnya untuk menjaga stabilisasi rupiah, Lana menilai pemerintah masih bisa mengeluarkan bond. Nilai bond yang bisa dirilis pemerintah masih bisa hingga Rp 5 miliar lagi dan itu cukup.

Pasalnya, memang valuasi rupiah kini sudah overvalue. Seharusnya menurut Lana valuasi rupiah lebih rendah 15% dari level yang ada di pasar.

Memang pelemahan tajam rupiah wajar, September memang selalu menjadi bulan yang penuh beban. “Bertubi-tubi mulai dari tenggat pembayaran utang luar negeri hingga musim haji yang mendesak permintaan USD semakin tinggi,” kata Lana.

Oleh karena itu, di akhir tahun 2015 Lana menduga nilai rupiah bisa menyentuh kisaran Rp 14.200 – Rp 14.300. Jika nantinya The Fed menaikkan suku bunga di September 2015, maka tekanan bagi rupiah akan berkurang. Walaupun memang sulit terangkat signifikan.

“Realisasi belanja pemerintah harus segera dilakukan, jika ingin kepercayaan pasar kembali dan menatap rupiah di 2016 yang lebih baik lewat pertumbuhan ekonomi di atas 6%,” tutup Lana.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top