Pemerintah Malaysia Minta Maaf Karena Salah Menampilkan Gambar Ucapan Imlek

Rusmanto
Senin, 19 Februari 2018 13:34 WIB
Oleh Rusmanto pada Senin, 19 Februari 2018 13:34 WIB
Image Pemerintah Malaysia Minta Maaf Karena Salah Menampilkan Gambar Ucapan Imlek
istimewa

WinNetNews.com - Pemerintah Malaysia meminta maaf setelah keliru menampilkan iklan ucapan Imlek yang menampilkan seekor ayam jantan berkokok.

Iklan satu halaman yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan itu menuai ejekan, karena Tahun Ayam - berdasarkan zodiak Cina- sudah berakhir dan kini menyambut Tahun Anjing.

Dalam iklan tersebut, kementerian menyampaikan pesan tahun sejahtera di Tahun Anjing - namun iklan tersebut malah memperlihatkan seekor ayam jantan berkokok.

Pihak kementerian pun meminta maaf atas "kesalahan teknis" tersebut.

Kekeliruan penampilan iklan ucapan Imlek ini diduga tidak terlepas pula dari anggapan umum di kalangan sebagian warga Muslim Malaysia bahwa anjing merupakan binatang yang dianggap najis.

Awal pekan ini, Kantor berita Reuters melaporkan bahwa berbagai perusahaan di Malaysia mengabaikan atau mengurangi simbol-simbol anjing - untuk mencegah agar warga mayoritas Muslim tidak tersinggung. Sekitar seperempat dari penduduk Malaysia merupakan etnis Cina.

Hal itu membuat banyak orang berpikir bahwa iklan yang dicetak di surat kabar berbahasa Mandarin itu adalah upaya keras untuk menghindari gambar seekor anjing - terlepas dari apakah itu masuk akal atau tidak.

Salah seorang pengguna Facebook mengatakan bahwa iklan tersebut "hanya akibat kebodohan", sementara lainnya menganggapnya "memalukan".

Koran berbahasa Inggris The Star mengutip ketua biro kerukunan agama Asosiasi Cina Malaysia yang mengatakan beberapa orang mencoba "membuat orang Cina marah" atas kesalahan yang dianggap sepele.

"Setelah pemerintah mengeluarkan permintaan maaf, kalangan masyarakat Cina sudah melupakannya dan tidak ada lagi kemarahan besar karena orang Cina itu pragmatis dan santai," kata Datuk Seri Ti Lian Ker kepada surat kabar tersebut.

Ia menuduh partai oposisi DAP mengaduk rasa "kebencian, dendam dan kemarahan". (detikcom)

Cara Move On dari Mantan Pacar
Obor Asian Games 2018 Tinggalkan Yogyakarta

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.