Pemerintah Menghapus Hambatan Investasi dengan Mencabut Aturan Pekerja Asing Wajib Berbahasa Indonesia

Cincin Suryanto
Cincin Suryanto

Pemerintah Menghapus Hambatan Investasi dengan Mencabut Aturan Pekerja Asing Wajib Berbahasa Indonesia

 WinGamers, Jakarta - ‎Presiden Jokowi memberikan arahan kepada Hanif Dhakiri, Menteri Ketenagakerjaan RI, agar menghapus beberapa regulasi yang menurunkan minat pihak asing untuk melakukan investasi langsung ke Indonesia. Salah satu aturan yang dianggap paling menghambat masuknya modal asing dalam masalah ketenagakerjaan di Indonesia adalah suatu keharusan bagi tenaga kerja asing (TKA) di Indonesia untuk wajib menguasai bahasa Indonesia.

Menurut Pramono Anung, Sekretaris Kabinet (Seskab) terdapat beberapa regulasi yang dinilai menyulitkan dan menghambat iklim investasi akan dikurangi, "Karena untuk mendorong investasi dalam kondisi krisis seperti ini, persoalan investasi dan persoalan pembangunan menjadi penting untuk mendorong ekonomi bangsa. Adapun, kapan aturan yang dianggap menghambat tersebut akan dicabut akan dilakukan kajian dalam waktu dekat sehingga deregulasi peraturan ketanagakerjaan ini dapat disesuakan.

Sebetulnya penghapusan syarat yang merupakan keharusan berbahasa Indonesia bagi TKA itu sudah terakomodasi dengan diterbitkan Permenaker Nomor 16/2015 tentang Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing. Permenaker baru itu tidak mengharuskan TKA mampu berbahasa Indonesia. Permenaker Nomor 16 yang disahkan oleh Menkumham 29 Juni kemarin sudah searah dengan maksud presiden.

Mengenai kekhawatiran tenaga kerja asing akan mengambil alih porsi pekerja Indonesia; menurut Menaker Hanif Dhakiri, “Seluruh pihak tidak perlu khawatir penghapusan syarat tersebut akan mengancam pekerja dalam negeri, jangan khawatir masih banyak syarat wajib dalam Permenaker 16/2015 yang menjadi instrumen perlindungan pekerja dalam negeri." menurut Menaker. Namun demikian, "Jangan sampai ada pekerja asing yang bekerja tanpa izin atau melanggar aturan. Kalau sudah dimudahin, tapi masih ada yang melanggar itu sudah kebangetan namanya," kata Hanif.

Oleh WinGamers

(source: berbagai sumber)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});