Pemerintah Meraup Rp 4T dari Lelang Sukuk

Pemerintah Meraup Rp 4T dari Lelang Sukuk

Rabu, 13 Jan 2016 | 12:02 | Dani Gunawan
WinNetNews.com - Pemerintah Indonesia Selasa berhasil meraup Rp 4 triliun melalui penjualan sukuk di pasar modal dalam negeri, sesuai dengan target indikatifnya.

Menurut Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, total penawaran yang masuk mencapai Rp 7,94 triliun, suatu jumlah yang cukup besar mengingat situasi pasar global yang masih tidak menentu.

Pemerintah secara rutin menerbitkan surat berharga baik di dalam maupun luar negeri untuk membiayai defisit APBN karena berhentinya privatisasi perusahaan BUMN. Peningkatan Sovereign Ratings Indonesia ke level layak investasi oleh dua perusahaan pemeringkat besar dunia yaitu Fitch Ratings dan Moody's Investors Service beberapa tahun yang lalu telah membantu menaikkan minat investor asing untuk membeli surat hutang pemerintah Indonesia. Bahkan belakangan ini semakin banyak long-term investor, seperti bank sentral negara-negara lain, yang ikut membeli surat berharga tersebut yang membantu mengurangi gejolak harga pada saat terjadi pembalikan arus dana dari pasar berkembang. (IMS)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...