Pemerintah Percayakan Pembebasan Sandera Kepada Tentara PNG

Rani
Rani

Pemerintah Percayakan Pembebasan Sandera Kepada Tentara PNG
Jakarta, wingamers - Pemerintah Indonesia mempercayakan sepenuhnya nasib dua WNI, Sudirman dan Badar, yang disandera OPM (Organisasi Papua Merdeka) pimpinan Jeffry Pagawak. Tentara PNG sedang melakukan sesuatu yang rahasia dan hasilnya baru diketahui 1-2 jam ke depan.Pihak Army PNG menurut Konsulat PNG, sudah mempersiapkan kekuatan yang cukup besar didatangkan dari Port Moresby untuk membantu pihak Army PNG yang ada di Vanimo.

Sementara itu, upaya pembebasan dua WNI yang disandera OPM di Papua Nugini terus dilakukan. Pemerintah menegaskan tidak akan mengalah dari tekanan pihak mana pun. Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri terus berkoordinasi dengan pemerintah Papua Nugini. Luhut mengaku belum mendapat informasi terkini terkait upaya pembebasan 2 WNI tersebut.

Menko Polhukam Luhut Pandjaitan menyebutkan, Dua WNI yang disandera Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Papua Nugini dalam kondisi baik. Adapun dua WNI yang disandera adalah, Sudirman dan Badar. Mereka adalah tukang kayuyang diserang OPM di Kampung Skofro, Papua pada hari rabu (9/9). Kedua korban yang disandera dibawa ke perbatasan Papua Nugini.

Pihak OPM meminta agar 2 rekannya yang ditahan di Polres Keerom karena kasus narkoba dibebaskan dan ditukar dengan 2 WNI. Pemerintah menegaskan tak akan melakukan barter dengan OPM. Pemerintah terus berkoordinasi dengan pemerintah Papua Nugini untuk membebaskan sandera.

Dalam kasus penyanderaan ini TNI dan Polri belum bisa bertindak banyak karena upaya pembebasan mengedepankan negoisasi.Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengaku pihaknya juga tak bisa berbuat banyak. Sebab, peristiwa penyaderaan berada di luar wilayah NKRI.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});