Pemerintah Putuskan Status PSBB Depok, Bogor, dan Bekasi Hari Ini
Foto: Suara.com

Pemerintah Putuskan Status PSBB Depok, Bogor, dan Bekasi Hari Ini

Sabtu, 11 Apr 2020 | 15:37 | Anggara Putra Utama

Winnetnews.com -  Lima wilayah di Jawa Barat antara lain Kota Depok, Bogor, Bekasi, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Bekasi diketahui sudah mengajukan pengajuan terkait penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar ke Kementerian Kesehatan. Terkait itu, juru bicara pemerintah untuk penanganan corona Achmad Yurianto mengungkapkan status pengajuan kelima kota tersebut akan dipastikan hari ini, Sabtu (11/4)

"Hari ini, itu kan sesuai peraturan Menteri," jelas Yuri.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah menyatakan, PSBB di lima daerah tersebut akan satu zonasi dengan PSBB DKI Jakarta yang merupakan episentrum penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Karena itu tadi siang (saat Rapat terbatas dengan Wakil Presiden RI) disepakati bahwa Jabodetabek itu akan dihitung sebagai satu unit kesatuan zona. Maka apapun yang dilakukan DKI Jakarta, Bodebek harus melakukan hal yang sama," kata Emil, dikutip dari Kompas.

Selain itu ia juga mengatakan pengajuan PSBB kelima daerah tersebut sudah disampaikan ke Kementerian Kesehatan pada Rabu (8/4).

Emil berharap, dengan penerapan PSBB ini dapat mencegah atau memutus mata rantai penyebaran virus corona di Jawa Barat.

Menurutnya, PSBB dapat diartikan serupa dengan lockdown, namun penerapannya lebih fleksibel atau tidak seketat lockdown.

"Pak Wapres menyepakati agar kota-kota di Jabar dan Banten yang masuk Jabodetabek untuk mengajukan PSBB, karena waktunya bersamaan bisa dikoordinasikan oleh gubernurnya," ucap Emil.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...