Pemerintah Siapkan Dana Bencana Sulteng Sebesar Rp 560 Milyar

Pemerintah Siapkan Dana Bencana Sulteng Sebesar Rp 560 Milyar ilustrasi

WinNetNews.com - Pemerintah telah mencairkan dana siap pakai (on call) sebesar Rp560 miliar yang akan digunakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam membantu korban terdampak bencana gempa di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa pihaknya telah menyetujui untuk mencairkan dana on call sebesar Rp560 miliar yang diposkan di BNPB

"Hari ini juga sudah cair," kata Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (1/10).

Saat ini, tegasnya, pihaknya masih fokus untuk menyelamatkan para korban yang masih tertimbun akibat gempa. 

"Banyak saudara-saudara kita yang masih tertimbun, jadi fokus kita adalah bagaimana menyelamatkan pada hari-hari ini," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pihaknya juga tengah memikirkan bagaimana untuk mengembangkan suatu instrumen pembiayaan bagi daerah yang terkena bencana. Hal itu nantinya akan disampaikan dalam pertemuan tahunan IMF-WB di Bali.

"Kita akan kumpulkan para ahlinya supaya Indonesia mungkin bisa ciptakan suatu instrumen baru antar daerah yang bisa masuk dalam APBN kita, bagaimana suatu support pada suatu daerah yang terkena bencana bisa langsung dilakukan," katanya. (mediaindonesia)