Pemerintah Tak Ikut Putuskan BI Rate

Pemerintah Tak Ikut Putuskan BI Rate

Rabu, 13 Jan 2016 | 16:07 | Rusmanto
WinNetNews.com - Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG) BI untuk pertama kalinya akan melibatkan pemerintah. Unsur pemerintah diwakili Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution.

Meski ikut dalam RDG, pemerintah tidak akan ikut pengambilan kebijakan BI, seperti suku bunga acuan atau BI rate.

Darmin mengaku juga tidak akan mempengaruhi atau mengarahkan Dewan Gubernur untuk menurunkan atau menaikkan suku bunga acuan. Sebab itu sudah diatur dalam undang-undang (UU) dan menjadi kewenangan BI.

Mantan Gubernur BI tersebut menambahkan bahwa dengan mekanisme seperti ini, maka akan mempererat koordinasi antara kedua pihak. Apalagi dengan kondisi perekonomian sekarang yang banyak tantangan ke depannya.

Sebelumnya, pemerintah sudah memiliki forum koordinasi dengan BI dalam nama Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK). Ini juga melibatkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"Tapi kan FKSSK itu lebih banyak untuk membicarakan situasi stabilitas sistem keuangan, kalau ada bank yang bermasalah, kalau ada sektor keuangan yang bermasalah, lebih banyak di sana," terang Darmin.

disadur dari situs detik finance

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...