Pemerintah Terbitkan Izin Amdal Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Pemerintah Terbitkan Izin Amdal Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Rabu, 20 Jan 2016 | 14:22 | Rusmanto
WinNetNews.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah mengeluarkan izin terkait Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) untuk mega proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (High Speed Train/HST) sepanjang 142 km.

Izin ini dikeluarkan setelah digelar rapat komisi di internal di KLHK.

"Tanggal 18 kemarin sudah rapat teknis Amdal, tanggal 19 rapat komisi Amdal dan kepada saya sudah dilaporkan bisa dikeluarkan izin Amdalnya," Kata Menteri LHK, Siti Nurbaya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Meski kemarin telah menerbitkan izin Amdal, KLHK memberi waktu selama 1 bulan ke depan bagi masyarakat untuk memberikan masukan atau catatan terkait proyek HST.

"Kita pakai ruang satu bulan untuk masyarakat memberikan catatan, jadi prinsip governance-nya dijalankan tapi kebijakan bangun daerah ini dengan kereta cepat tetap harus jalan," sebutnya.

Izin Amdal yang terbit kemarin, selanjutnya dipakai oleh Kementerian Perhubungan untuk dasar mengeluarkan izin pembangunan proyek HST. Rencananya, kereta cepat Jakarta-Bandung bakal dimulai pembangunannya besok Kamis pada tanggal 21 Januari. Lokasi groundbreaking terletak di daerah Walini, Bandung. Proyek ini akan dikerjakan oleh konsorsium Indonesia dan China.

disadur dari situs detik finance

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...