Pemkot Ternate siaga darurat dua pekan karena erupsi Gamalama

Pemkot Ternate siaga darurat dua pekan karena erupsi Gamalama

WinNetNews.com - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, telah menetapkan status siaga darurat bencana selama dua pekan ini. Langkah tersebut diambil sebagai antisipasi atas aktivitas gunung Gamalama yang masih mengeluarkan abu vulkanik hingga Kamis (4/8/2016).

“Hasil rapat tadi, kita sudah tetapkan siaga darurat selama dua minggu. Pelaksananya yaitu sekda serta kasi ops dan kabag ops dari TNI dan Polri,” ucap Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman, Kamis (4/8/2016). Siaga darurat ini dimulai sejak hari Kamis, 4 hingga 18 Agustus 2016. Ini diambil sebagai antisipasi guna mengurangi risiko dari dampak aktifitas gunung Gamalama yang menyemburkan abu vulkanik sejak Rabu (3/8/2016) kemarin.

Burhan menerangkan, bahwa tim ini bakal memantau perkembangan gunung Gamalama juga melakukan koordinasi dengan Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta TNI dan Polri guna berjaga-jaga serta mengambil langkah-langkah apa yang harus dilakukan.“Langkah-langkah jika sewaktu-waktu perlu dilakukan evakuasi, tapi itu kan saat ini belum,” kata wali kota lagi.

Sementara, data dari pos pemantau gunung Gamalama sampai sore ini, aktifitas gunung Gamalama masih fluktuatif. Gempa tremor masih terdengar dengan amplitude 0.5-1 mm dan ketinggian asap 300 meter dengan arah condong tenggara selatan.