Pemprov DKI Akan Merubah Sebutan PKL jadi PKM
sumber foto : istimewa

Pemprov DKI Akan Merubah Sebutan PKL jadi PKM

Selasa, 2 Jan 2018 | 18:04 | Oky

Winnetnews.com - Pemprov DKI Jakarta mulai hari ini tak lagi menggunakan istilah pedagang kaki lima (PKL). Wakil Gubenur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan mulai hari ini sebutan PKL diubah menjadi PKM alias pengusaha kecil mandiri.

"Mulai hari ini, kami khususnya untuk di Tanah Abang dan di tempat lain mulai menggunakan terminologi baru. Bukan PKL, tapi PKM, yaitu pengusaha kecil mandiri," kata Sandiaga saat jumpa pers di Jakarta Smart City, Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (29/12/2017).

Menurutnya, sebutan PKL tidak pantas lagi digunakan. Sebab, berdasarkan data, PKM merupakan penyumbang produk domestik bruto atau gross domestic product (GDP).

"PKM ini seperti kita ketahui adalah tulang punggung perekonomian kita. Sekitar 67 persen dari GDP kita disumbang oleh PKM dan 97 persen lapangan pekerjaan disumbang oleh PKM," terang Sandiaga.

Bahkan, sambung Sandiaga, merujuk pada data perbankan, PKM merupakan kreditur paling patuh. Tingkat kepatuhan PKM terhadap cicilan pinjaman mereka tinggi.

"Berdasarkan data-data perbankan, PKM itu tingkat kepatuhannya di atas 90 persen, tidak pernah ngemplang kredit, dan pajaknya, tingkat kepatuhannya juga tinggi," jelas dia.

Karena itu, wagub usungan Partai Gerindra dan PKS ini mengatakan PKM merupakan pelaku ekonomi yang bakal mendapatkan perhatian khusus dari Pemprov DKI Jakarta. 

"Jadi (PKM) ini adalah sektor yang ingin kami jaga sesuai dengan tadi tiga utama. Satu mengatasi pengangguran, mengurangi kemiskinan, dan ketimpangan tidak semakin melebar," tutup Sandiaga. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...