(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Pemprov DKI Jakarta Bikin KTP Khusus Anjing

Cindy
Cindy

Pemprov DKI Jakarta Bikin KTP Khusus Anjing Foto:Istimewa

WinNetNews.com-  Baru-baru ini Pemerintah DKI Jakarta membuat KTP(kartu tanda pengenal) untuk anjing peliharaan. Dikutip dari berbagai sumber yang ada,KTP ini berupa identitas dalam bentuk kartu yang didapatkan setelah anjing dipasangkan microchip di bagian kulit leher belakang.

Microchip sebesar biji beras atau sekitar 12-15 milimeter (mm) itu dipasangkan dengan cara disuntik, ke bagian belakang leher anjing. Setelah chip terpasang, dilakukan scan dan muncul kode atau angka yang terdaftar dalam catatan Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta.

Setelah proses pemasangan dan scan selesai, anjing mendapatkan identitas kartu yang berisi tentang informasi hewan tersebut. Informasinya berupa nama, jenis kelamin, ras, nama pemilik beserta nomor telepon, alamat pemilik anjing, dan lengkap dengan fotonya.

Sistem microchip terkomputerisasi yang disematkan pada anjing berdasarkan Pergub DKI Nomor 199 Tahun 2016 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengawasan Hewan Rentan Rabies serta Pencegahan dan Penanggulangan Rabies di Jakarta.

Microchip hanya boleh diberikan oleh dokter hewan. Bagi yang tidak mendapatkan gratis, microchip bisa dibeli di klinik hewan di Jakarta dengan harga sekitar Rp350-400 ribu.

image0

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});