Pemprov DKI Mengandeng Arkeolog Untuk Lakukan Penataan Pasar Ikan

Pemprov DKI Mengandeng Arkeolog Untuk Lakukan Penataan Pasar Ikan

WinNetNews.com-Dipastikan pengerjaan pengerukan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, akan didampingi tim arkeolog. Tim itu akan mengawasi kerja Dinas Tata Air DKI Jakarta.

"Akan ada pendampingan. Supaya pas kita laksanakan penertiban pembersihan dan pembenahan di lokasi tidak salah lagi," ucap Teguh di Balai Kota, Jakarta, Kamis (12/5/2016).

Tim arkeolog itu berasal dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta dan seorang arsitek, Budi Lim.Tim tersebut akan dampingi revitalisasi Pasar Ikan dan Kota Tua. Dari pengerjaan di lapangan, Pemprov DKI Jakarta temukan banyak bangunan historis di Pasar Ikan. Salah satunya yaitu bangunan tembok di dekat kolam kawasan Pasar Ikan.

Tembok itu kini terendam air karena ada penurunan muka tanah. "Nanti akan dikembalikan fungsinya. Ternyata itu (tembok) terpendam tertutup air kotor. Ternyata ketika digali ada tembok. Ini (tembok) manjang," ungkapnya. Teguh menduga tembok itu berupa benteng. Namun untuk pastikan, tim dari arkeolog bakal mendalami temuan itu.

Sumber:kompas.com

Foto: http://nationalgeographic.co.id/