(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Pemprov Jabar Siapkan Rp 50M untuk Revitalisasi Kali Malang

Rusmanto
Rusmanto

Pemprov Jabar Siapkan Rp 50M untuk Revitalisasi Kali Malang ilustrasi

WinNetNews.com - Pemprov Jawa Barat akan mengucurkan dana Rp 50 miliar untuk mengubah Kali Malang, Kota Bekasi seperti Sungai Cheongcheon, Korea Selatan. Pembangunan akan dimulai tahun depan. 

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menuturkan sudah bertemu dengan sejumlah pihak untuk membahas rencana revitalisasi Kali Malang. Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Pemkot Bekasi untuk menyingkronkan rencana pembangunan tersebut.

Dari pertemuan dan pembahasan yang dilakukan, lanjut dia, telah dipilih empat zona yang akan menjadi titik pembangunan. Di antaranya di saluran Kali Malang di Gerbang Tol Bekasi Timur, di dekat Kampus Unisma (Universitas Islam '45) Bekasi dan di dekat Hotel Horison, Bekasi Selatan.

Dari beberapa zona yang disiapkan, akan dipilih satu yang akan menjadi titik pembangunan. "Sesuai janji, tim dari saya sudah mempresentasikan proyek Kalimalang ada empat zona, kita terus koordinasi ke Pak Walikota (Bekasi). Kita sudah meneliti mana-mana yang baik dan memungkinkan," kata pria yang akrab disapa Emil, di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (27/9/2018). 

Emil melanjutkan, revitalisasi Kali Malang diperkirakan akan menelan biaya yang sangat besar. Tapi pihaknya berkomitmen akan menyiapkan dana untuk pembangunan sebesar Rp 50 miliar. 

"Anggaran pasti besar karena panjang sekali. Tapi provinsi komit untuk proyek pertama minimal dari provinsi kita siapkan Rp 40-Rp 50 miliar. Sehingga nanti bisa memberikan contoh penataan sungai yang baik dan menjadi kebanggaan warga Bekasi," ucapnya. 

Melalui akun instagram pribadinya, Emil juga telah memposting gambaran desain revitalisasi Kali Malang. Berbagai fasilitas penunjang akan dibangun untuk menambah kenyamanan warga dalam melakukan aktivitas. 

 

 

"Di dalamnya ada ruang edukasi terkait sungai, ada ruang buat perayaan kegiatan publik, ada ruang juga buat anak-anak, ada ruang buat perahu, seni, komunitas, ruang buat joging, ruang pengendali air dan lain-lain," ujar Emil. (detikcom)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});