Pemudik Keluhkan Fasilitas Terminal Pulogebang

Pemudik Keluhkan Fasilitas Terminal PulogebangSumber foto : Istimewa

Winnetnews.com - Sebagian pemudik terpaksa duduk dan tiduran di lantai berdebu Terminal Pulogebang.

Suryono, 46, salah satu calon penumpang yang akan mudik ke Purwokerto, Jawa Tengah, mengatakan hampir seluruh tempat duduk di ruang tunggu terminal sudah terisi.

Ia dan keluarga akhirnya mengalah dengan duduk di lantai terminal.

"Daripada berdiri terus, kan pegal juga. Mending di sini, enggak ada yang larang juga," ucap Suryono di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Rabu, 13 Juni 2018.

Pemudik lainnya, Kaslan, mengalami nasib serupa. Ia bahkan mengaku sempat tidur di lantai lantaran menunggu jadwal keberangkatan bus.

"Mau tidur di kursi juga penuh. Di lantai kan luas, dingin lagi," tutur dia.

Di sisi lain, Kepala UPT Pulogebang Ismanto mengaku fasilitas terminal cukup memadai. Apalagi, terminal ditunjang berbagai fasilitas lain.

"Sebenarnya kan untuk posisi normal, ruang tunggu sangat memadai. Kemudian sudah ber-AC. Untuk penumpang yang menunggu juga ada perpustakaan mini, mainan anak, ada eskalator, lift. Passenger information system juga selalu update," jelas Ismanto.

Area tunggu keberangkatan juga sudah dipisah dengan area kedatangan.

Pemisahan diklaim membuat terminal relatif lebih tertib ketimbang lokasi lain.

Ia beranggapan banyaknya penumpang yang duduk atau tidur di lantai lebih kepada kebiasaan. Pengelola terminal tidak bisa tiba-tiba melarang.

"Kadang-kadang bisa jadi, dia menunggu kan kadang enggak betah. Di satu sisi jadi PR kita juga ke depan biar bagus lagi pelayanan dan kinerjanya," beber dia.