Penampakan Calon Kereta Cepat JKT-BDG Yang Bisa Melesat 380 Km/Jam

Penampakan Calon Kereta Cepat JKT-BDG Yang Bisa Melesat 380 Km/Jam

Rabu, 13 Jan 2016 | 08:46 | Rusmanto
WinNetNews.com - Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (JKT-BDG) dirancang bisa melesat dengan kecepatan 350 kilometer (km) per jam saat beroperasi di 2019. Ternyata, kereta yang akan dibuat oleh China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) Sifang tersebut bisa melaju dengan kecepatan maksimum 380 km per jam.

Namun sesuai kesepakatan dengan regulator, maka kecepatan masih dipatok 200 km per jam saat awal beroperasi. Kecepatan ini akan dievaluasi sejalan dengan ujicoba.

image0

Dari data dan gambar yang diperoleh, model atau bentuk kereta memiliki ujung kepala kereta yang berbentuk layaknya peluru. Rolling stock model tersebut telah dioperasikan di China. Masuk ke dalam kabin kereta, setidaknya ada 3 kelas tempat duduk yang nantinya disediakan untuk membawa penumpang Jakarta-Bandung.

image1

Kelas yang disediakan ialah VIP Class, Executive Class, dan Economic Class. Desain dan fasilitas tempat duduk di kereta cepat buatan China dirancang mirip dengan desain cabin pesawat terbang.

image2

Tahap awal, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan membeli 11 train set. Untuk 1 rangkaian (train set), terdiri atas 8 kereta atau gerbong. Satu gerbong bisa membawa sampai 500 orang bahkan 2 rangakaian bisa disatukan hingga bisa mengangkut 1.000 penumpang sekali jalan.

image3

Dalam 1 hari, kereta cepat bisa membawa 28.000 penumpang di 2019. Kereta cepat mengambil pasar 15% dari total orang berpergian Jakarta-Bandung. Tahun 2019, diproyeksikan 200.000 orang akan hilir mudik setiap harinya untuk rute Jakarta-Bandung.

disadur dari situs detik finance

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...