Penarikan Samsung Galaxy Note 7 Berimbas Pada Bursa Saham Asia

Penarikan Samsung Galaxy Note 7 Berimbas Pada Bursa Saham Asia

Rabu, 12 Okt 2016 | 11:35 | Rusmanto

WinNetNews.com - Penghentian penjualan produk Samsung Galaxy Note 7 membebani pergerakan bursa saham Asia pada perdagangan Rabu (12/10/2016).

Produsen smartphone asal Korea Selatan, Samsung Electronics berpotensi mengalami tekanan kinerja ke depan. Samsung membuat keputusan yang sangat penting dengan menghentikan penjualan produk yang gagal tersebut. Saham raksasa teknologi ini tergelincir hingga 2,8 persen ke 1.500.000 won aau senilai US$1.335,06 per lembar.

Berdasarkan laporan, sudah lima kasus terjadi di AS bahwa perangkat versi baru Galaxy Note 7 yang seharusnya sudah aman dari masalah baterai justru masih rawan terbakar.

Indeks Kospi di Seoul juga bergerak memerah dengan lebih rendah 0,1 persen. Sedangkan indeks ASX di Sydney melemah 0,8 persen seiring pelemahan saham sektor energi dan sektor material.

Pelemahan juga terjadi pada indeks saham Nikkei di Tokyo 0,7 persen. Data ekonomi di Jepang tentang pesanan mesin intin turun 2,2 persen di bulan September dibandingkan bulan sebelumnya. Padahal analis memperkirakan akan turun hingga 5,5 persen. Data ini merupakan indikator belanja modal jangka pendek.

Investor juga mencermati risalah rapat FOMC dari Federal Reserve AS bulan September. Data tersebut akan menunjukkan peta sikap pada anggota Fed dalam menentukan kebijakan suku bunga ke depan. Walaupun dalam keputusan akhirnya, Fed tetap mempertahankan suku bunga 0,25 persen.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...