Penasaran dengan Harga Tiket MRT Jakarta? Ini Penjelasannya

Daniel
Daniel

Penasaran dengan Harga Tiket MRT Jakarta? Ini Penjelasannya Tiket MRT Jakarta

Winnetnews.com - Moda transportasi MRT sudah diresmikan pada Minggu 24 Maret 2019 di Bundaran HI, Jakarta. Meski sudah diresmikan, namun MRT masih bisa dinikmati secara cuma-cuma oleh masyarakat. Lantas sebenarnya berapa tarif fix MRT jika masa percobaan gratis sudah usai?

Menurut Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, pihaknya dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mencapai kesepakatan soal tarif MRT. Edi mengatakan hari ini, Senin (25/3) harga tiket MRT sudah bisa dipastikan. Namun untuk sementara, pihaknya masih memberikan range harga sebelum tarif pastinya ditentukan nanti.

“Harganya sudah ada, debatable-nya itu di atas Rp10 ribu, di bawah Rp16 ribu. Kali ini cocok nih,” ujar Edi kepada wartawan usai peresmian MRT, Minggu (24/3). “Semua kita ketokin. Harus diketok, karena 1 April kan sudah komersial.”

Sejauh ini skema tarif MRT yang diterapkan adalah Rp10 ribu per 10 kilometer, berdasar proyeksi rata-rata perjalanan yang ditempuh pengguna. Tarif tersebut terdiri atas dua komponen yakni boarding fee sebesar Rp1.500, ditambah unit harga per kilometer yang dikalikan jarak. Tarif Rp10 ribu per 10 kilometer, unit harga per kilometernya dipatok Rp850. 

PT MRT Jakarta bakal bekerja sama dengan Bank DKI sebagai official partner untuk sistem pembayaran MRT. Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Priagung Suprapto, mengatakan bergabungnya Bank DKI sebagai sistem pembayaran MRT Jakarta akan semakin “meningkatkan daya tarik fitur uang elektronik card base.” Bank DKI sendiri memiliki sistem pembayaran melalui kartu yang diberi nama JakCard.

Apa Reaksi Kamu?