Skip to main content

Pencopotan Budi Waseso Sebagai Kabareskrim

Pencopotan Budi Waseso Sebagai Kabareskrim

image0

komjen Polisi Budi Waseso

Wingamerss.com - Menko Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan membantah bahwa Presiden memerintahkan pencopotan Kabareskrim Komjen Polisi Budi Waseso.

Pergantian kepala badan reserse kriminal mabes polri merupakan kewenangan internal Polri. Bantahan itu disampaikan Luhut usai menghadiri acara serah terima jabatan Kepala staff Kepresidenan di Istana, Jakarta hari ini.

Oleh karena itu beliau menyerahkan sepenuhnya kepada Polri untuk memutuskan sendiri apakah Budi Waseso perlu diganti atau tidak. Presiden Joko Widodo tidak ingin mencampuri urusan yang jauh dari jangkauan kewenangannya. Menurutnya pergantian kepemimpinan tidak perlu dibesar-besarkan karena hal itu sudah lumrah terjadi di institusi polri maupun TNI.

Seperti diketahui sebelumnya, Komjen Polisi Budi Waseso diisukan akan dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Bareskrim Polri. Isu pencopotan Kabareskrim itu, disinyalir karena pengungkapan beberapa kasus yang melibatkan petinggi BUMN dan dianggap membuat gaduh ituasi perekonomian nasional. Isu rencana pencopotan Kabareskrim Budi Waseso tersebut mendapatkan penolakan dari politisi PDIP.

Menurut politisi PDIP Masinton Pasaribu, menduga ada tekanan pihak tertentu yang menginginkan Budi Waseso untuk dicopot. Politisi PDIP dengan tegas menolak rencana pencopotan tersebut.

Kapolri Jendral Polisi Badrodin Haiti tidak berkomentar banyak, menurutnya rencana tersebut masih memerlukan banyak pembicaraan dan saat ini berada dalam kewenangan dewan jabatan dan kepangkatan tinggi. Dengan demikian pencopotan itu akan tergantung dari hasil sidang. (rk)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top