Penderita Hipertensi Boleh Minum Kopi?

Oky
Oky

Penderita Hipertensi Boleh Minum Kopi? Sumber foto : Istimewa

Winnetnews.com – Kopi kini telah menjadi minuman yang digemari oleh siapa saja, khususnya oleh generasi muda. Rasanya yang nikmat disebut-sebut bisa menjadi penghilang stres dan teman ngobrol yang cocok saat berkumpul bersama. Hanya saja, sebuah pertanyaan pun muncul. Sebenarnya, apakah kopi boleh dikonsumsi oleh penderita hipertensi?

Telah banyak penelitian yang menghasilkan fakta bahwa kandungan kafein di dalam kopi bisa meningkatkan tekanan darah. Kafein mampu merangsang kelenjar adrenal untuk memproduksi hormon adrenalin dengan lebih banyak dan akhirnya mempengaruhi diameter pembuluh darah yang kemudian berimbas pada kenaikan tekanan darah.

Penelitian lain bahkan membuktikan  bahwa konsumsi kopi bisa membuat kinerja obat penurun tekanan darah menjadi tidak efektif. Padahal, penderita masalah tekanan darah tinggi harus menjaga tekanan darahnya tetap normal agar tidak sampai mengalami penyakit berbahaya layaknya stroke hingga serangan jantung.

Lantas, apakah penderita hipertensi tidak boleh minum kopi? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya mereka berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi tekanan darahnya. Pemeriksaan kesehatan bisa memastikan apakah mereka bisa mengonsumsi kopi atau tidak. Jika memang diperbolehkan, ada baiknya penderita hipertensi membatasi konsumsi kafein tidak sampai 200 mg per hari. Jumlah ini sama dengan satu cangkir kopi saja.

Jika bisa, pilihlah kopi yang rendah kafein. Biasanya, kopi decaf bisa menjadi pilihan yang tepat bagi penderita hipertensi yang ingin menikmati minuman yang biasanya dikonsumsi dalam kondisi hangat ini.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});