Peneliti Sebut Jika Pertemanan Bisa Buat Orang Panjang Umur
Ilustrasi: Friends of the Elderly Ireland

Peneliti Sebut Jika Pertemanan Bisa Buat Orang Panjang Umur

Minggu, 22 Des 2019 | 18:40 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Seseroang yang memiliki banyak teman memang bisa berumur lebih panjang, diketahui orang tua dengan lingkaran pertemanan yang besar memiliki kecenderungan sebesar 22 persen untuk bertahan hidup lebih lama daripada mereka yang punya sedikit teman.

Tahun 2006 silam, sebuah penelitian dilakukan terhadap 3000 perawat dengan kanker payudara. Diketahui bahwa wanita yang tak memiliki teman dekat mengamaki kemungkinan empat kali lipat meninggal karena penyakit kanker payudara daripada wanita dengan 10 teman atau lebih. Menariknya, unsur kedekatan dan jumlah teman yang dimiliki tidak berhubungan dengan meningkatnya hal ini.

Dilansir dari CAN, ssebuah penelitian yang dikerjakan selama 6 tahun menyasar sebanyak 736 pria paruh baya mengungkapkan bahwa memiliki pasangan tak berdampak terhadap risiko serangan jantung dan penyakit jantung koroner. Pertemanan justru memberi dampak pada hal ini.

image0
Ilustrasi: Shutterstock

Pertemanan dipercaya dapat membantu seseorang melewati penuaan dengan mudah. Sebuah penelitian yang digagas oleh Fan Buettner dari National Heographic mengungkapkan bahwa pertemanan memberikan efek positif pada rentang hidup seseorang.

Sebagai contoh, di Okinawa, Jepang, di mana usia harapan hidup rata-rata wanita paling tinggi adalah menyentuh angka 90 tahun, terdapat jaringan sosial bernama moai. Ini merupakan kelompok lima orang teman yang menawarkan dukungan sosial, logistik, emosional, dan finansial seumur hidup.

Pada moai, kelompok ini mendapat manfaat ketika hal berjalan baik dan keluarga kelompok ini saling mendukung satu sama lain. Mereka juga mempengaruhi prilaku kesehatan satu sama lain.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...