Penelitian: Makan Camilan di Pagi Hari Bisa Gagalkan Diet

Muchdi
Muchdi

Penelitian:  Makan Camilan di Pagi Hari Bisa Gagalkan Diet ilustarsi suka cemilan ( Photo Thinkstock )
Winnetnews.com -  Sedikit camilan sambil menunggu waktu makan siang mungkin bisa memulihkan rasa lapar. Tapi, kebiasaan ngemil di pagi hari ternyata bisa menggagalkan program dietmu, lho.

Menurut penelitian dalam Journal of American Dietetic Association edisi Desember menunjukkan bahwa wanita dewasa yang diet dengan makan sedikit camilan di pagi hari justru menurunkan berat badan lebih sedikit daripada mereka yang makan sarapan sehat tanpa ngemil.

Penelitian ini melibatkan 123 wanita berusia 50 hingga 75 tahun yang kelebihan berat badan hingga obesitas. Mereka mengonsumsi 1.200-2.000 kalori per hari dan dikombinasikan setidaknya dengan 45 menit aerobik selama lima hari dalam seminggu.

Orang yang ngemil di antara jam sarapan dan makan siang hanya kehilangan 7 persen dari berat badan mereka selama setahun. Sementara orang yang makan sarapan sehat dan tidak ngemil di jam tersebut bisa kehilangan 11 persen dari berat badan mereka.

Menurut Anne McTiernan, MD, PhD, direktur Pusat Pencegahan, Divisi Ilmu Kesehatan Masyarakat Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson, Seattle, menyimpulkan bahwa kebiasaan tersebut akan membuatmu ngemil lebih dari sekali dalam sehari, dibandingkan mereka yang ngemil sekali sehari saja pada sore dan malam.

Seperti dikutip dari situs detikHealth dari laman WebMD, dikutip Minggu (14/7/2019), "Kebiasaan ngemil di antara jam sarapan dan makan siang, bisa jadi karena kamu hanya merasa bosan saja dan bukan benar-benar lapar," katanya.

Pilihan jenis camilan juga perlu diperhatikan. Hindari ngemil sembarangan, seperti makanan tinggi lemak yang pada akhirnya malah menggagalkan proram dietmu. Beberapa camilan yang baik adalah yogurt rendah lemak, keju, kacang-kacangan dan buah segar.

 

 

Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?