Penelitian : Nangka, Buah Terbaik Pembunuh Kanker

Muchdi
Muchdi

Penelitian : Nangka, Buah Terbaik Pembunuh Kanker ilustrasi nagka ( Photo pixabay.com )
Winnetnews.com -  Buah nangka disebut sebagai salah satu buah paling baik dalam membunuh kanker. Penelitian menunjukkan buah nangka berkhasiat mengobati kanker ganas seperti kanker kolorektal. Buah ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita kanker.

Buah berwarna kuning ini kaya akan nutrisi yang baik untuk menangkal kanker. Nangka mengandung vitamin, meneral, serat, dan antioksidan yang tinggi.

Dalam sebuah nangka terdapat vitamin A, C dan B6, riboflavin, magnesium, kalium, tembaga, dan mangan. Nangka dapat menangkal kanker lantaran mengandung zat fitokimia seperti flavonoid, saponin, dan tanin.

Menurut American Cancer Institute for Cancer, fitokimia memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melawan efek radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel yang menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker.

Fitokimia dalam nangka juga dapat mencegah pertumbuhan pembuluh darah di sekitar kanker sehingga menghambat pertumbuhan sel kanker.

Seperti dikutip dari situs CNN Indonesia dari laman Medical News Today, dikutip Jumat (7/6/2019), penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji nangka dapat menghambat pertumbuhan pembuluh darah yang diinduksi dalam embrio ayam.

Peneliti lantas menyimpulkan kombinasi flavonoid, saponin, dan tanin yang semuanya ada dalam buah nangka memiliki potensi untuk menjadi terapi antikanker di masa depan.

Dikutip dari Health Line, vitamin C dalam buah nangka juga berperan sebagai antioksidan yang mencegah inflamasi atau radang yang dapat berujung pada penyakit kronis seperti jantung dan juga kanker.

Selain mencegah kanker, buah nangka juga baik untuk menjaga kadar kolesterol, tekanan darah, gula darah, dan kesehatan pencernaan.

 

 

Penulis : Muchdi
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?