Skip to main content

Penemuan Arca wujud Dewi Durga Mahesa Sura Mardhini di Malang

Penemuan Arca wujud Dewi Durga Mahesa Sura Mardhini di Malang
Penemuan Arca wujud Dewi Durga Mahesa Sura Mardhini di Malang

Jakarta, wingamers - Indonesia merupakan negara kepulauan yang terhampar luas. Selain memiliki keaneka ragaman hayati flora dan fauna, berbagai kebudayaan dan peninggalan sejarah pun banyak di jumpai di tanah Nusantara. Jejak-jejak kerajaan Hindu, Budha, dan Islam pun sering kita lihat jika berk unjung ke musium-musium atau objek wisata bersejarah.

Baru-baru ini jejak candi di masa kejayaan Kerajaan Majapahit ditemukan di Dusun Mentaraman, Desa Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Penemuan arca setinggi 50 cm itu ditemukan di lahan belakang rumah warga bernama Ngatiran (65). Menurut arkeolog arca yang ditemukan tersebut adalah perwujudan Dewi Durga Mahesa Sura Mardhini, yang identik selalu berada di Candi Sekte Hindu Syiwa.

Dalam candi Hindu sekte Syiwa selalu ada format (pakem) untuk meletakkan arca Durga yang ditempatkan di relung sebelah utara, relung belakang diletakkan arca Ganesha, relung selatan arca Syiwa Mahaguru atau arca Agastya dan di depan arca Nandhiswara dan Mahakala. Biasanya arca seperti itu berjumlah satu pasang, namun sampai saat ini arca lain yang merupakan pasangan dari arca tersebut belum ditemukan.

Untuk mengidentifikasi arca tersebut adalah wujud Durga itu tidaklah sulit. Hal tersebut bisa dilihat dari ekonografis atau relif arcanya. Sementara itu, candi serupa yang sudah ditemukan adalah Candi Kidal dan Candi Badut yang sama-sama merupakan candi Hindu sekte Syiwa. Arca Durga ada di Candi Kidal yang merupakan peninggalan masa Kerajaan Singhasari kemudian dipugar kembali pada masa Majapahit.

Dusun Mentaraman merupakan pemukiman kuno yang berdiri di selatan puncak Gunung Kawi dan pada masa itu gunung tersebut merupakan gunung yang disucikan. Karena merupakan reruntuhan dari potongan Gunung Meru seperti yang diceritakan dalam Kitab Tantu Panggelaran karya di masa akhir Kerajaan Majapahit.

Penemuan ini merupakan penemuan yang luar biasa, sebab hingga kini candi di sebelah selatan Gunung Kawi itu belum pernah terungkap. Para arkeolog berharap bahwa temuan ini segera ditindaklanjuti untuk mengungkap sejarah masa lampau. Tindak lanjutnya bisa dimulai dengan ekskavasi skala kecil untuk menemukan jejak batur candi. Saat ini Arca Durga sudah diserahkan ke aparat kepolisian bersama puing-puing situs yang berhasil ditemukan.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top