Penerapan Tilang Elektronik Akan Dilakukan Bertahap
Polisi sedang mengikuti pelatihan tata cara Tilang Elektronik/Foto: mediaindonesia

Penerapan Tilang Elektronik Akan Dilakukan Bertahap

Senin, 9 Jan 2017 | 10:29 | Gunawan Wibisono

WinNetNews.com - Kepolisian Indonesia telah menerapkan sistem tilang elektronik di Indonesia khususnya di Jakarta. Sedangkan untuk di daerah masih belum dapat dipastikan.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Brigjen Royke Lumowa mengatakan, hal tersebut belum dapat dipastikan, sebab sistem ini masih dilakukan secara bertahap.

"Karena yang elektroniknya pun masih dalam sistem pembayarannya, belum untuk catching- nya, belum untuk penangkapan para pelanggaranya kan pakai CCTV mahal itu. Negara belum mampu seperti di negara Eropa, Amerika, pakai kamera, foto kirim ke rumah atau ke kantor, itu elektronik full ya 100 persen, kita elektroniknya masih pembayarannya," tuturnya.

Lanjut Royke menjelaskan bahwa, Pengadilan Negeri juga turut andil dalam menerapkan sistem tilang elektronik tersebut.

"Tergantung pengadilan negerinya mas, masih ada ketua pengadilan negeri yang belum sependapat dengan sistem table kita, karena kalau tilang elektronik harus table, harus pasti, dendanya berapa harus pasti berdasarkan table. Karena kan masyarakat ketika melanggar mau bayar, berapa pak? Lihat table, oh Rp 100 ribu jelas gitukan,baru dia bayar di situ di elektronik," jelasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...