(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Pengadilan Italia Beri Keputusan 16 Tahun Penjara Untuk Kapten Kapal Karam Costa Concordia 2012

Rike
Rike

Pengadilan Italia Beri Keputusan 16 Tahun Penjara Untuk Kapten Kapal Karam Costa Concordia 2012
WinNetNews.com-Sebuah keputusan16 tahun penjara untuk mantan kapten Costa Concordia cruise liner untuk kesalahannya membuat kapal karam di tahun 2012 diputuskan pada hari Selasa oleh pengadilan banding Italia.

Francesco Schettino, orang yang memerintahkan kapal ketika menabrak batu dari pulau Tuscan Giglio, telah menewaskan sedikitnya 32 orang, dan jaksa memiliki keduanya, telah mengajukan banding atas hukuman yang dijatuhkan tahun lalu. Schettino dinyatakan bersalah oleh pengadilan yang lebih rendah dari sejumlah kematian, menyebabkan kapal karam dan meninggalkan penumpang dalam salah satu bencana tertinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Pengadilan banding Florence menguatkan putusan itu, menolak permintaan jaksa untuk memperpanjang untuk 27 tahun dan tiga bulan juga panggilan pengacara Schettino untuk dia harus dibebaskan. Kapten, yang telah mengakui tanggung jawabnya tapi membantah kemudia menyalahkan atas kematian yang terjadi selama evakuasi setelah sisi kapal robek di pantai berbatu, tidak hadir di pengadilan. "Dan kesalahan dibagi, masalahnya adalah mengukur itu," kata pengacara Schettino ini Donato Laino katanya di luar pengadilan setelah memberi berita untuk kliennya melalui telepon. Ditanya apakah Schettino, yang menangis saat kesaksian terakhirnya tahun lalu, telah menyatakan kepahitan, Laino mengatakan: "Tentu saja." Schettino bisa mengajukan banding terhadap putusan pengadilan banding, yang juga melarang dia bekerja di sebuah kapal selama lima tahun. Para hakim yang disampaikan vonis pertama memutuskan bahwa ia tidak akan pergi ke penjara sampai proses banding - yang dapat mengambil tahun di Italia - selesai. Penyidik mengatakan Schettino membawa kapal 290 meter terlalu dekat ke pantai dan mengkritik perilakunya yang parah. Pemilik kapal, Carnival Corp (CCL.N) Unit Costa Cruises, membayar denda 1 juta euro ($ 1.300.000 pada saat itu) dan jaksa menerima tawar-menawar pembelaan dari lima pejabat.

Seorang pengacara yang mewakili sekelompok orang yang selamat mengatakan dia telah meminta penyelidikan atas peran perusahaan untuk dibuka kembali, karena "masih ada beberapa pihak yang bersalah untuk mengidentifikasi". Kapal rusak Costa Concordia yang berkubang pada sisinya di perairan Giglio, sempat menjadi sebuah tujuan wisata populer, untuk dua-dan-setengah tahun sebelum diperbaiki dan diderek pergi di salah satu pemulihan kecelakaan maritim paling mahal dalam sejarah. Tubuh terakhir itu pulih pada tahun 2014. Pengadilan Florence memutuskan Costa Cruises dan Schettino harus membayar pemerintah pulau itu € 300,000 sebagai kompensasi.

Dari berbagai sumber

Foto: http://gcaptain.com/

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});