Pengamat Musik Sebut 3 Idol K-Pop Ini Paling Sukses di SM Entertainment, Netizen Korea Justru Tidak Setuju?
Foto: Allkpop

Pengamat Musik Sebut 3 Idol K-Pop Ini Paling Sukses di SM Entertainment, Netizen Korea Justru Tidak Setuju?

Senin, 16 Sep 2019 | 09:20 | Nisa Diniah

Winnetnews.com -  SM Entertainment dikenal sebagai salah satu agensi hiburan terbesar di Korea Selatan. Mereka telah melahirkan banyak penyanyi K-Pop populer seperti BoA, TVXQ, Super Junior, SNSD, f(x), EXO, Red Velvet hingga NCT. Sudah bukan rahasia lagi kalau para artis SM adalah salah satu yang berkontribusi besar dalam penyebaran Hallyu di seluruh dunia.

Baru-baru ini, tiga orang yang merupakan ahli di bidang industri musik Korea mengungkap tiga idol K-Pop yang dianggap paling sukses di SM Entertainment. Ketiga pengamat musik ini pun memberikan jawaban yang sama. 

Kim Tae Hoon (pakar musik pop) menyebut TVXQ, BoA, dan H.O.T. sebagai penyanyi dari SM yang paling sukses. Dia mengatakan, "bahkan sebagian besar dari kita yang telah bekerja di industri musik untuk waktu yang lama akan memiliki pemikiran yang sama".⁣

Lee Jong Hyun (produser rekaman) juga menyebut TVXQ, H.O.T. dan BoA. Dia menyatakan, "Aku pikir idol K-Pop terbaik SM adalah TVXQ. Album ke-4 TVXQ menunjukkan puncak grup idol K-Pop. TVXQ dan H.O.T memiliki kesamaan yaitu grup adalah idol terbaik dari generasi pertama dan kedua."⁣

Dan yang terakhir adalah Kim Seong (kritikus musik terkenal) yang juga menyebut BoA, TVXQ, dan H.O.T. Dia mengatakan, "Idol paling sukses di SM aku juga berpikir itu adalah BoA, H.O.T. dan TVXQ. Karena mereka adalah pelopor Hallyu Wave Korea."⁣

H.O.T

image0

BoA

image1

TVXQ

image2

Hal ini menjadi perbincangan netizen Korea di situs TheQoo. Hampir kebanyakan netizen Korea setuju bahwa H.O.T, TVXQ dan BoA adalah idol K-Pop dari SM paling populer. Tetapi, netizen menilai bahwa para pengamat musik seharusnya juga menyebut SNSD dan EXO yang juga dianggap telah ikut berperan dalam penyebaran K-Pop di banyak negara. 

"⁣Oh ... aku langsung berfikir itu SNSD," tutur seorang netter.

"Mengejutkan bahwa itu bukan EXO atau SNSD," ungkap netter lainnnya.

"Mengejutkan bahwa tidak ada SNSD?⁣" seru netter lain.

"Ini di masa lalu, bukan? Sekarang mungkin sedikit berbeda... Tetapi ketiga idol K-Pop itu memang luar biasa," 

"Oh ... Aku hanya memikirkan SNSD dan EXO. Mungkin itu generasiku," kata netter lainnya.

"TVXQ juga populer di kalangan orang Korea, tetapi keberhasilan mereka di pasar Jepang sangat besar karena konsep idol K-Pop seperti Korea tidak ditemukan di Jepang. Mereka tidak hanya populer tetapi juga pelopor," puji seorang netter.

"Ini sudah lawas, harusnya menambahkan SNSD dan EXO, jadi ada 5 idol K-Pop," ujar netter lainnya.

"BoA telah menjual 10 juta album di Korea dan Jepang, dan ada beberapa lagu hits yang terkenal," ucap netter lainnya.

"TVXQ terkenal tidak hanya di Jepang tetapi juga di China. Pada saat itu, mereka bukan hanya idol K-Pop, tetapi juga sebuah simbol," ungkap netter lain.

"Mereka adalah tokoh penting dalam sejarah musik Korea," sahut netter lain.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...