Pengamat: Pertumbuhan Ekonomi Tetap di bawah 5%

Rusmanto
Rabu, 05 Agustus 2015 11:13 WIB
Oleh Rusmanto pada Rabu, 05 Agustus 2015 11:13 WIB
Image Pengamat: Pertumbuhan Ekonomi Tetap di bawah 5%

Ekonom memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal II/2015 tidak melebihi pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal I/2015.

Pengamat ekonomi DBS Gundy Cahyadi mengatakan pada kuartal II-2015 pertumbuhan ekonomi tetap di bawah 5% secara year on year (YoY).

Dia menuturkan target pertumbuhan ekonomi sepanjang 2015 yang sebesar 5% hingga 5,4% diprediksi tidak akan tercapai.

Pasalnya, apabila pertumbuhan PDB tetap sebesar 4,7% di kuartal II/2015, maka pertumbuhan ekonomi selama setahun tidak lebih tinggi dari 4,9%.

Sementara itu, Leo Rinaldy, Ekonom Mandiri Sekuritas, memprediksi pertumbuhan PDB akan melambat secara marginal yakni 4,6% (y-o-y) pada kuartal II/2015 dari kuartal sebelumnya yang 4,7%

Di sisi perdagangan, meskipun impor turun, aktivitas ekspor tidak membaik.

Hal itu terlihat dari neraca perdagangan membukukan surplus US$2 miliar secara kumulatif pada kuartal II/2015, volume ekspor aktual turun 13,1% secara tahunan.

Kendati demikian, Leo optimistis pertumbuhan ekonomi akan membaik pada semester II tahun ini.

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia Triwulan II/2015 pada hari Rabu (5/8/2015). (jk)

Cara Memakai Tas yang Tepat Agar Tidak Mencederai Tubuh
Saat Peluk Aman Abdurrahman, Ipda Denny Dibisikin Hal Ini

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.