Pengamat: Potensi Ahok Menang Cukup Besar

Pengamat: Potensi Ahok Menang Cukup Besar

Kamis, 18 Agt 2016 | 14:59 | Rusmanto
WinNetNews.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dinilai merasa lebih percaya diri dengan dukungan dari PDI Perjuangan. Bahkan ungkapan itu pun terlontar dari Ahok sendiri usai menghadap Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputeri di Jakarta, Rabu (17/8).

Menurut Pengamat Politik Ari Junaedi, tampak jelas bahwa Ahok baru merasa “nyaman” jika partai berlambang banteng moncong putih itu menyorong dirinya untuk maju di Pilkada DKI Jakarta mendatang. Sebab harus diakui, sebagai pemilik mayoritas suara di parlemen, maka akses ke PDI Perjuangan menjadi penting dan signifikan.

Di sisi lain, PDIP sebagai partai politik sendiri akan sama dengan parpol lainnya. Yakni akan cenderung mendukung petahana yang kuat secara elektabilitas dan popularitas. Karena itu akan memudahkan untuk meraih kemenangan di kontestasi pilkada.

Bagi Ari Junaedi, hal itu adalah simbiosis mutualisme antara petahana dengan partai politik. Petahana membutuhkan “ruang” untuk kepastian kemenangan, apalagi berasal dari partai yang jelas-jelas mempunyai kekuatan riil di lapangan. Sementara partai politik, membutuhkan figur yang kokoh untuk menjalankan visi misi partai.

“Jadi kalaupun nanti PDI Perjuangan akan mendukung Ahok – Djarot sebagai pasangan calon gubernur dengan wakil gubernur Jakarta mendatang, pasti partai telah memiliki kalkulasi strategis," kata Ari Junaedi, Kamis (18/8).

"Demikian juga jika halnya PDI Perjuangan menyorongkan nama lain di luar Ahok–Djarot, tentu Megawati pasti punya penciuman politik yang tajam.”

Ari lalu memprediksi, pola itu akan dipakai oleh PDIP maupun parpol lainnya menghadapi pilkada serentak mendatang. Misalnya, memenangkan Petahana Saefullah Yusuf di Jawa Timur jauh lebih mudah ketimbang calon lain.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...