Pengamat: Program Work From Bali Beri Dampak Positif ke Berbagai Sektor
Pariwisata Bali saat pandemi Covid-19 (Foto: ANTARA)

Pengamat: Program Work From Bali Beri Dampak Positif ke Berbagai Sektor

Selasa, 8 Jun 2021 | 11:35 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com - Pengamat ekonomi dari Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar IB Raka Suardana menilai program Work From Bali (WFB) dapat memberi efek positif untuk berbagai sektor penunjang pariwisata.

"Dengan adanya kunjungan orang luar ke Bali untuk bekerja, hal ini memberi dampak ke berbagai sektor. Karena setelah bekerja, orang bisa liburan ke objek wisata, dan memberi oleh-oleh khas Bali di UMKM lokal," jelasnya kepada

Rakat mengatakan program ini dapat memberi dampak positif untuk perekonomian Pulau Dewata. Namun, ia memperkirakan dampaknya tidak akan signifikan pada pertumbuhan ekonomi di Bali karena hanya 16 hotel yang dipilih dalam program ini.

Raka menyebut program WFB dapat berpengaruh positif pada ekonomi Bali yang berpotensi terkontraksi -3 persen pada kuartal II/2021, atau lebih baik dibandingkan kuartal I/2021 yang -5,24 persen.

"Inilah saatnya orang-orang yang masih memiliki uang untuk berbelanja dan bekerja dari Bali. Karena akan membantu menggeliatkan ekonomi Bali, selain itu pelaku pariwisata yang dirumahkan juga dapat bekerja kembali," tambahnya.

Program ini, menurutnya juga akan menumbuhkan rasa percaya diri bagi industri pariwisata Bali. Selain itu, nantinya masyarakat dari dalam maupun luar negeri akan melihat Bali sebagai destinasi wisata yang sudah aman untuk dikunjungi.

"Jadi memang jika program ini benar-benar dijalankan dengan baik di bawah koordinasi Kemenkomarves akan memberi dampak positif bagi Bali yang perekonomiannya sangat mengandalkan pariwisata," tutur Raka. 

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...