Pengaruh Tempat Tidur yang Tidak Nyaman Bagi Kesehatan
Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Pengaruh Tempat Tidur yang Tidak Nyaman Bagi Kesehatan

Jumat, 30 Apr 2021 | 17:11 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk beristirahat setelah menjalani aktivitas seharian. Saat hendak tidur, biasakan untuk menggunakan alas yang baik, karena dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental.

Menurut studi yang dipublikasikan di National Institutes of Health tahun 2009 yang dilakukan selama 56 hari, partisipan yang tidur di kasur baru melaporkan bahwa kualitas tidur mereka meningkat, ketidaknyamanan punggung berkurang, dan gejala yang berhubungan dengan stres berkurang.

Sejumlah pakar juga memperhatikan hal ini lebih lanjut. Misalnya saja dr. Michael J. Breus, seorang psikolog klinin dan spesialis tidur bersertifikat, menjelaskan efek samping yang akan dirasakan pada kondisi kesehatan mental jika tidur dengan alas yang buruk, dikutip Hello Giggles.

Menurutnya, seseorang yang tidur dengan alas yang buruk akan mengalami kurang fokus, kurang perhatian, hingga memengaruhi kesehatan mental. Saat kurang tidur sudah menjadi bagian dari keseharian, insomnia bisa saja terjadi.

Dokter Michael Grandner, penasihat tidur Casper dan direktur Program Penelitian Tidur dan Kesehatan di Universitas Arizona mengatakan bahwa insomnia adalah faktor risiko penting untuk masalah kesehatan mental dan fisik, yang bisa mengembangkan depresi atau gangguan kecemasan.

Sedangkan untuk kesehatan fisik, tidur memakai alas yang tidak nyaman bisa menyebabkan masalah tidur yang meningkatkan sensasi nyeri dan ketidaknyamanan tubuh.

Selain itu, tidur di kasur yang sudah sedikit jebol bisa menyebabkan sakit pinggang, leher, dan rasa kurang nyaman lainnya. Sementara, tidur dengan kasur yang terlalu keras dapat membuat seseorang merasa sakit dan nyeri, serta memberikan tekanan berlebihan di area bahu, pinggul, lutut, dan punggung.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...