Pengen Tidur Nyenyak? Sering-seringlah Pandangi Jendela yang Terbuka
Foto: Pexels

Pengen Tidur Nyenyak? Sering-seringlah Pandangi Jendela yang Terbuka

Minggu, 21 Mei 2017 | 18:35 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Sulit tidur menjadi hal yang biasa. Tapi efeknya malah bikin kamu mengantuk seharian. Tapi tenang, ada cara unik agar kamu tidur nyenyak, salah satunya memandangi jendela yang terbuka.

Penelitian baru menunjukkan bahwa bangun pagi hari dan pencahayaan yang lebih menyeluruh terhadap cahaya sepanjang hari tidak hanya dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak malam itu, tapi juga dapat mengurangi tingkat stres di siang hari.

Studi yang dipublikasikan secara online di Sleep Health juga menemukan bahwa membatasi pencahayaan pada malam hari akan membantu kualitas tidur, karena keseimbangan pagi hari yang cerah dan malam yang gelap membantu mengatur jam sirkadian tubuh dengan benar, sehingga menghasilkan tidur yang lebih baik secara keseluruhan.

"Banyak yang telah dilakukan untuk mengurangi tingkat cahaya guna meningkatkan efisiensi energi, tapi kita mungkin akan melangkah terlalu jauh ke arah ini," kata penulis studi Mariana Figueiro kepada Reuters .

"Kita perlu mulai memikirkan bagaimana kita memulai di lingkungan siang hari kita." katanya.

Menurut Science Daily , ritme sirkadian adalah jam tubuh seseorang yang membantu menentukan fungsi tubuh di waktu tertentu, seperti tidur dan bangun tidur. Tubuh bergantung pada kehadiran dan tidak adanya cahaya untuk memberi isyarat saat memproduksi hormon yang membantu menginduksi tidur dan membuat kamu terbangun.

"Pola cahaya dan gelap yang kuat (cahaya efektif sirkadian tinggi di siang hari dan rendah di malam hari) penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita," kata Figueiro kepada Reuters.

Para periset mengatakan temuan ini menunjukkan bahwa tidak hanya penting untuk memperhitungkan cahaya di rumahmu, tapi juga di tempat kerjamu.

Mungkin sulit mengendalikan jumlah cahaya di tempat kerjamu, tim menunjukkan ada cara lain untuk meningkatkan pencahayaan tubuh sehari-hari, seperti beristirahat sejenak di bawah sinar matahari.

Selain itu, cara yang sederhana seperti melihat ke luar jendela siang hari dapat membantu meningkatkan eksposur cahaya, dan akhirnya membuat kamunmerasa lebih baik saat beristirahat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...