Skip to main content

Penggeledahan RSCM untuk Cocokkan Data Prosedur

Penggeledahan RSCM untuk Cocokkan Data Prosedur
Penggeledahan RSCM untuk Cocokkan Data Prosedur

WinNetNews.com - Badan Reserse Kriminal (Bareskrim), Rabu (4/2) menggeledahan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Penggeledahan terkait pengusutan perdagangan ginjal ilegal.

Kepala Bareskrim Polri, Komjen Anang Iskandar mengatakan, penggeledahan dimaksudkan untuk mencari bukti apakah transpalansi ginjal di RSCM sesuai prosedur. Dari situ, penyidik juga mencari apakah terdapat oknum dokter dalam melakukan tugasnya tidak sesuai prosedur.

"Itu untuk mengumpulkan data, Kita ingin mencocokkan apa sudah sesuai prosedur atau tidak," ujar Anang, di Bareskrim, Jumat (5/2).

Baca: Jumlah Operasi Transplantasi Ginjal RSCM Meningkat Tahun Lalu

Jenderal bintang tiga itu menuturkan, dalam kasus ini, dari sisi kelembagaan, rumah sakit tidak dapat diusut oleh penyidik. Sebab, rumah sakit juga memiliki kewajiban melayani pasien yang ingin transpalansi ginjal asalkan sesuai prosedur.

Penggeledahan kemarin, kata Anang, juga untuk mencari apakah sistem atau oknum dokter yang perlu diperbaiki dalam praktek transpalansi ginjal di rumah sakit tersebut. Meski demikian, bareskrim tetap menghormati profesi kedokteran.

"Sebenarnya banyak yang bisa melakukan. Tapi ada tiga yang sudah mahir," tutur mantan Kepala BNN itu.

Sumber: Republika

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top