Penggemar Beri Dukungan Untuk Bubarkan Boy Group X1, Netizen Tak Setuju!

Nisa Diniah
Nisa Diniah

Penggemar Beri Dukungan Untuk Bubarkan Boy Group X1, Netizen Tak Setuju! Foto: Allkpop

Winnetnews.com - Seperti diketahui, X1 ikut terseret dalam kasus manipulasi voting seri "Produce 101" yang dilakukan Mnet. Baru-baru ini penggemar yang tergabung dalam salah satu klub penggemar X1 meminta CJ ENM untuk membubarkan grup.

Dilansir dari Naver, salah satu fans club penggemar X1 merilis pernyataan resmi pada 1 Desember, dan menyatakan, "Para member menderita masalah yang disebabkan oleh CJ ENM. Setelah kontroversi tersebut, agensi tidak melakukan tindakan apapun seperti mencegah X1 dari kritik yang membuat mereka membatalkan iklan dan dilarang tampil di televisi. Kalian tidak dapat melindungi member."

"CJ ENM masih salah. Meskipun tuduhan telah dikonfirmasi dan tuduhan tambahan terungkap, agensi telah secara tidak bertanggung jawab meninggalkan X1 untuk melindungi imej. Seiring berjalannya waktu, ada kekhawatiran tentang stigma yang akan ditempatkan di grup, pelanggaran privasi member dan lebih banyak fandom yang meninggalkan mereka. Sebagai penggemar, kami tidak bisa lagi membiarkan X1 menjadi korban agensi yang tidak bertanggung jawab."

Dalam surat pernyataan tersebut, penggemar memberikan 3 tuntutan utama yang diajukan pada CJ ENM:

1. Pembubaran yang cepat dari grup dan pemutusan kontrak member. 

2. Permintaan maaf resmi kepada member, penggemar, dan semua korban yang menderita untuk mengembalikan kehormatan member. 

3. Kompensasi kerusakan dan kegiatan hiburan yang memadai untuk member."

Pernyataan yang dibuat oleh para penggemar X1 itu ditulis untuk melindungi impian, kehormatan dan masa depan 11 member X1, dan untuk menuntut permintaan maaf dan pembubaran tulus CJ ENM untuk grup X1. Namun hal itu justru menuai kritik dari netizen yang tak terima jika X1 harus dibubarkan.

Netizen justru menganggap media Korea berlebihan dalam memberi dukungan untuk membubarkan X1. Banyak yang tak setuju X1 harus dibubarkan hanya karena permintaan beberapa penggemar.

"Apa alasan di balik menulis pernyataan yang hanya membagikan pendapat yang mendukung pembubaran? Ada lebih dari 260 ribu anggota fan cafe resmi X1, dan kalian menyebut ini adalah perwakilan? Ada juga lebih dari 7 ribu akun yang mendukung X1 di Twitter. Dan ada banyak orang yang mendukung kelanjutan X1 pada fan cafe mereka juga. Merilis artikel dengan hanya satu pendapat terlalu transparan, "komentar seorang netter.

"Membubarkan hanya akan menciptakan korban lain. Para member X1 tidak seharusnya dianggap bertanggung jawab atas kesalahan CJ dan Mnet. CJ dan Mnet, jangan mencoba mengelak dari tanggung jawab, memastikan kegiatan kedua grup dan memberikan kompensasi kepada peserta pelatihan yang menjadi korban," sambung netter lainnya.

"Aku muak dan lelah dengan komentar bahwa mendukung pembubaran beberapa penggemar membuat mereka terlihat seperti mereka semua adalah penggemar. Ada lebih dari 7000 akun yang mendukung kegiatan 11 member X1 di Twitter dan kurang dari 200 akun yang mendukung pembubaran. Yang terpenting, Pembubaran tidak pernah menjadi solusi, dan itu salah bahwa para member X1 bertanggung jawab atas kesalahan CJ dan Mnet. CJ dan Mnet harus bertanggung jawab atas dua grup yang sudah debut dan memberikan kompensasi kepada para korban," seru netter lain.

"Ada lebih dari 7000 akun yang mendukung kegiatan X1 dan kurang dari 200 akun yang mendukung pembubaran," sahut netter lain.

"Maaf wartawan sampah, tetapi tidak bisakah kamu menunjukkan kedua sisi saat kamu menulis? Aku sudah melihat pernyataan dukungan kegiatan yang ditandatangani oleh 4.900 orang untuk mendukung X1 dan mengirimkannya ke CJ?" tutur netter berbaring.

"Para jurnalis sampah itu hanya memilih artikel provokatif untuk ditulis," ujar netter lain.

"Dia tahu bahwa ada 3 artikel yang mendukung pembubaran mereka, dan hanya mengambil satu yang mendukung pembubaran," kata netter lain.

"Tidak ada yang mau bubar, tapi artikelnya gila. Apakah kamu pikir mereka akan baik-baik saja ketika kembali ke agensi?" sahut yang lainnya.

Apa Reaksi Kamu?