Penggemar Kumpulkan Dana Hingga 100 Juta Won untuk Realisasikan Debut BY9
Foto: Allkpop

Penggemar Kumpulkan Dana Hingga 100 Juta Won untuk Realisasikan Debut BY9

Rabu, 24 Jul 2019 | 10:08 | Nisa Diniah

Winnetnews.com - Program survival Produce X 101 telah menayangkan episode final belum lama ini dan resmi mengumumkan grup X1 dengan 11 member yang dipastikan bakal debut. 11 trainee yang lolos debut di grup X1 adalah Kim Yo Han, Kim Wooseok, Han Seung Woo, Song Hyeong Jun, Cho Seung Yeon, Son Dong Pyo, Lee Hangyul, Nam Do Hyun, Cha Jun Ho, Kang Minhee dan Lee Eunsang. Mereka akan melakukan promosi sebagai grup X1 selama 5 tahun.

Menariknya tak lama setelah X1 dibentuk, penggemar dari trainee Produce X 101 yang gagal debut tampaknya tak ingin kalah. Seperti di program Produce 101 season 2, para penggemar juga pernah membuat petisi untuk mendebutkan boygroup JBJ setelah para membernya gagal debut bersama Wanna One.

Atas permintaan para penggemar, JBJ akhirnya didebutkan di bawah agensi Fave Entertainment, yang tetap diawasi oleh agensi CJ E&M selaku pembuat program Produce 101 season 2. Melihat hal ini, banyak penggemar yang merasa bahwa beberapa trainee yang tereliminasi seharusnya bisa debut sebagai member X1. Para penggemar akhirnya membuat grup baru berisi 9 member dengan nama BY9 (Be Your Nine).

Mereka meminta agar 9 finalis Produce X 101 yang tereliminasi didebutkan yakni Kim Min Kyu, Lee Jin Hyuk, Koo Jung Moo, Hwang Yun Seong, Ham Won Jin, Lee Se Jin, Song Yu Vin, Keum Dong Hyun dan Tony.

image0

Penggemar sepertinya semakin serius dengan grup BY9. Setelah episode terakhir Produce X 101 dan debut X1 akan dimulai pada akhir Agustus mendatang, sejumlah besar penggemar telah menyatakan keinginan mereka untuk mendukung 9 member yang tidak bisa melakukan debut.

Penggemar di seluruh dunia dari 9 member yang tersingkir sekarang kompak menyelipkan harapan agar grup buatan mereka ini benar-benar akan didebutkan. Mereka telah bergabung dan mempromosikan BY9. Tidak hanya membuat desain yang dibutuhkan untuk grup K-Pop (termasuk logo, album, lightstick, dan lainnya), tetapi penggemar juga mengumpulkan dana untuk BY9.

Menurut laporan, penggemar telah mengumpulkan lebih dari 100 juta KRW (sekitar USD84.800) untuk grup. Dana tersebut dikumpulkan untuk membuat iklan di stasiun kereta bawah tanah di Seoul.

Karena hal inilah, mereka menjadi sorotan banyak fandom K-Pop lainnya karena tentu saja bukan hal yang mudah untuk mengumpulkan uang sebanyak itu khususnya untuk sebuah grup yang tidak benar-benar ada. Bahkan, kata kunci “BY9 KRW100 juta” sempat berada di pencarian teratas di situs Naver, salah satu mesin pencari terbesar di Korea Selatan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...