Penggunaan Hand Sanitizer: Apa Benar Efektif Membunuh Kuman?
Ilustrasi: Beauty Bulletin

Penggunaan Hand Sanitizer: Apa Benar Efektif Membunuh Kuman?

Minggu, 8 Des 2019 | 16:20 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Tangan yang kotor dapat menjadi sarang penyakit. Hal inilah yang menjadikan para ahli kesehatan mewanti-wanti kita dengan himbauan untuk rutin mencuci tangan agar tetap bersih dan terhindar dari penyakit. Cuci tangan yang dilakukan pun tidak boleh asal, harus menggunakan sabun dan dibilas dengan air sampai bersih.

Namun dalam kondisi tertentu, penggunaan air terkadang cukup ribet, terlebih jika kamu sedang berada dalam perjalanan. Hand sanitizer merupakan salah satu cara membersihkan tangan secara cepat dan instan. Namun sebenarnya efektif tidak sih jika hanya membersihkan tangan dengan hand sanitizer?

Dilansir dari Web MD, mencuci tangan dengan air dan sabun merupakan cara paling efektif untuk terhidnar dari flu dan penyakit lain. “Saat Anda menggosok tangan dengan sabun, semua kuman dan kotoran akan luluh,” kata Dokter Ronald Newman II.

image0
Ilustrasi: RACGP

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika mencuci tangan, kamu harus menggosok dan membilas kedua tanganmu secara benar. Masalah suhu air yang tepat, menurut penturuan Newan, tidak menjadi masalah.

Penggunaan hand sanitizer tidak seefektif mencuci tangan menggunakan sabun dan air. Penggunaan produk ini dilakukan dalam kondisi yang memungkinkan kamu tidak mencuci tangan menggunakan air dan sabun.

Saat memilih hand sanitizer, Newman menyarankan untuk menggunakan produk alkohol dengan konsentrasi sebanyak 60-95 persen. Untuk itu, hand sanitizer harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Kebanyakan hand sanitizer yang berada di pasaran mengklaim bahwa mereka dapat membunuh sekitar 99 persen bakteri dan kuman. Namun Newman mengatakan bahwa terhdapat sejumlah hand sanitizer yang tidak efektif terhadap norovirus dan beberapa bakteri yang menganggu kesehatan.

Mesmi bermanfaat, Newman tetap merekomendasikan cuci tangan sebagai cara paling efektif untuk memberishkan tangan. “Mencuci tangan secara tepat menggunakan air dan sabun sebenarnya dapat membuang kuman lebih banyak dan juga tergantung pada beberaoa bahan kimia yang ada,” pungkasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...