(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Penghargaan Toilet Terbersih Diraih Bandara Soekarno-Hatta

Muchdi
Muchdi

Penghargaan Toilet Terbersih Diraih Bandara Soekarno-Hatta
WinNetNews.com - Kementerian Pariwisata memberikan Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Bandara Internasional/Nasional 2015 kepada Bandara Soekarno-Hatta. Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) meriah peringkat I dengan perolehan nilai 85,18. President Director Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis Jum'at 9 Oktober 2015,mengatakan “Penghargaan ini akan menjadi pemacu kami untuk lebih meningkatkan pelayanan,"

Menurut Budi Karya, dengan menyediakan toilet bersih di setiap bandara akan turut meningkatkan indeks daya saing pariwisata Indonesia. Oleh sebab itu, fokus AP II diantaranya adalah peningkatan kebersihan dan kenyamanan di bandara-bandara yang dikelola perusahaan. "Target kami berikutnya adalah seluruh bandara AP II yang berjumlah 13 bandara dapat meraih penghargaan pada ajang serupa di tahun mendatang.”

Selain Soekarno-Hatta, bandara lain yang dikelola Angkasa Pura II juga berhasil meraih penghargaan di ajang tersebut adalah Kualanamu Medan di peringkat III, lalu Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang di peringkat IV.

Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru di peringkat V, Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang di peringkat VI, Sultan Iskandar Muda Aceh di peringkat VIII, Halim Perdana Kusuma Jakarta di peringkat IX, Supadio Pontianak diperingkat XIII, dan Minangkabau Padang di peringkat XIV.

Adapun penilaian pada ajang penghargaan ini dilakukan oleh Dewan Juri yang terdiri dari perwakilan Asosiasi Toilet Indonesia, Pemerhati Lingkungan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Peneliti Pariwisata, dan Forum Wartawan Pariwisata. Peringkat bandara ditentukan berdasarkan salah satunya penilaian terhadap kondisi dan kelengkapan toilet di bandara yang mendukung faktor kesehatan dan higienis.

“Pengawasan atau monitoring adalah salah satu faktor penting dalam bidang kebersihan di bandara termasuk kebersihan toilet." Ujar Director of Airport Services Angkasa Pura II Ituk Herarindri. AP II akan memastikan bahwa hal tersebut dilakukan secara mendetail guna menjaga level pelayanan dan juga dapat menjadi dasar untuk meningkatkan pelayanan ke depannya,"kata Ituk

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});