(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Pengidap Diabetes, Ini Nih Berbagai Asupan yang Mampu Turunkan Gula Darah

Muchdi
Muchdi

Pengidap Diabetes, Ini Nih Berbagai Asupan yang Mampu Turunkan Gula Darah Ilustrasi kayu manis ( Foto-iStock )

WinNetNews.com - Memilih makanan yang paling baik ketika mengidap diabetes bisa menjadi pekerjaan yang sangat sulit. Sebab, pengidap diabetes harus menjaga kadar gula darah agar terkontrol dengan baik.

Menjaga kadar gula tetap normal diperlukan untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, khususnya bagi pengidap diabetes.

Dikutip dari situs detikHealth yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jakarta Sabtu (17/11/2018), berikut berbagai asupan alami yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah hingga mampu menurunkan gula darah:

1. Kayu manis

Menurut penelitian, kayu manis memiliki efek yang positif untuk kontrol glikemik pada pasien dengan diabetes melitus tipe 2. Kayu manis mengandung 18 persen polifenol yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan kendali glukosa darah.

Journal of The American Board of Family Medicine menyebutkan kayu manis dapat menurunkan gula darah sebesar 0,83 persen dibandingkan dengan obat standar dan berguna untuk pengidap diabetes tipe 2 selain perawatan biasa.

2. Cengkeh

Cengkeh mengandung 30 persen antioksidan fenol dan anthocyanin serta quercetin yang memiliki sifak antiseptik dan menghalau kuman. Cengkeh juga bermanfaat sebagai analgesik dan membantu pencernaan bagi pengidap diabetes.

3. Bawang putih

Sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa pemberian bawang putih pada pengidap diabetes secara signifikan dapat menurunkan glukosa, kolesterol, kreatinin dan asam urat. Bawang putih juga membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi, suatu komplikasi yang sering dihadapi oleh para pengidap diabetes.

4. Jahe

Selain populer untuk menenangkan perut dan membantu pencernaan, jahe juga memiliki manfaat untuk menormalkan kadar gula dalam darah. Beberapa penelitian menunjukkan ekstrak jahe dapat memiliki efek anti-hiperglikemik yang signifikan.

Jahe juga mampu menurunkan kolesterol total. Kebanyakan pengidap diabetes mengalami gangguan pencernaan. Jahe dapat menenangkan saluran pencernaan untuk meminimalisir rasa sakit yang mereka alami.

5. Kopi

Sebuah studi menunjukkan bahwa meminum kopi satu gelas per hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebanyak lebih dari 10 persen. Hindari terlalu banyak menambahkan gula, sirup, dan susu ke dalam kopi untuk mengurangi risiko kenaikan kadar gula dalam darah.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});