Pengungsi Gafatar Terus Berdatangan

Pengungsi Gafatar Terus Berdatangan

Jumat, 22 Jan 2016 | 06:37 | Rusmanto
WinNetNews.com - Menyusul adanya penolakan dari masyarakat, anggota Gafatar di Kalimantan Barat terus dievakuasi. Kodam XII/Tanjungpura pun menyiapkan lokasi tambahan untuk tempat pengungsian sebelum mereka dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

Hingga Rabu (20/1), total ada 1.529 anggota Gafatar yang ditampung di dua lokasi kamp milik Kodam XII/Tanjungpura di Kalimantan Barat. Pada (21/1), jumlahnya pun meningkat dan akan terus bertambah.

"Hari ini jadi 1.859 jiwa dan di 2 titik penampungan yaitu di Bekangdam XII/Tpr dan di Kompi B Yonif 643/WNS di Kubu Raya," ungkap Kapendam XII/Tanjungpura Kolonel Infantri Mukhlis saat dihubungi detikcom, Kamis (21/1/2016) malam.

Penambahan pengungsi anggota Gafatar tersebut datang dari sejumlah daerah di sekitar Pontianak. Termasuk dari Mempawah dan Kubu Raya.

Menurut Kapendam Tanjungpura, saat ini pun pihaknya masih menunggu anggota Gafatar dari wilayah Sintang dan Kapuas Hulu. Saat ini hampir sekitar 150 orang sedang dalam perjalanan menuju Pontianak untuk ditampung.

Anggota Gafatar yang masih didata tersebut rencananya setelah dievakuasi lalu akan diungsikan ke Kodam XII/Tanjungpura. Sama dengan pengungsi Gafatar yang lain, kata Mukhlis, mereka nantinya akan dipulangkan ke daerah asalnya dengan kapal perang atau KRI milik TNI AL.

"Kalau tempatnya kurang, kami ada alternatif lain. Nanti bisa ditempatkan di Kompi A, lokasinya di Batu Layang, masih di Pontianak juga," ujarnya.

Markas Kompi A disiapkan pihak Kodam XII sebagai antisipasi mengingat jumlah pengungsi anggota Gafatar yang terus bertambah. Mayoritas dari mereka berasal dari Semarang dan Surabaya.

"Itu alternatif, saat ini di dua lokasi masih memadai. Tapi kami sudah siapkan di Kompi A jika diperlukan. 30 menit dari Bekangdam, kita cari lokasi yang dekat dengan Kodam supaya memudahkan," tutup Mukhlis.

disadur dari situs detik new s

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...