Penjelasan Dokter: Asam Urat Bisa Tingkatkan Risiko Serangan Jantung?

Penjelasan Dokter: Asam Urat Bisa Tingkatkan Risiko Serangan Jantung? ilustrasi Nyeri sendi akibat asam urat tinggi (Foto ilustrasi-thinkstock)

WinNetNews.com - Kamu pernah mengalami keluhan pada persendian? Hayo, jangan diabaikan. Meskipun isu kesehatan yang satu ini banyak dialami orang dewasa, nyatanya masalah penyakit ini banyak dialami para remaja juga.

Dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan kardiovaskular dr Yudistira Panji Sentosa, SpPD-KKV, mengatakan, bahwa asam urat bisa menjadi salah satu pemicu risiko serangan jantung, namun tidak secepat jika kamu memiliki kolesterol.

"Jeleknya kalau asam uratnya tinggi itu dia akan nempel, kalau kolesterol kan dia nempelnya ke darah. Nah kalau asam urat nempelnya ke sendi kemudian ke ginjal," ujarnya, di kawasan Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu,Seperti dikutip dari situs detikHealth,Jakarta, Minggu (7/10/2018).

Dokter Yudis, sapaan akrabnya, menekankan jika asam uratnya terlalu tinggi sampai berkontaminasi dengan darah, maka di situlah ada kemungkinan terkena risiko serangan jantung.

"Namun kembali lagi, risiko terkena serangan jantungnya hubungannya masih jauh, ketimbang orang yang memiliki penyakit kolesterol," tutupya.

Untuk mengurangi asam urat, dokter Yudis menyarankan untuk tidak berlebihan mengonsumsi kacang-kacangan dan daging seperti jeroan. Hal ini baik agar urine terbebas dari asam urat.