Skip to main content

Penjelasan Soal Mengantuk Sehabis Makan

sumber foto : istimewa
sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Rasa kantuk menyerang saat perut kekenyangan? Ini memang dialami oleh sebagian besar orang dimana kondisi tersebut dinamakan food coma.Food coma tersebut sangat rentan terjadi terutama saat tubuh selesai mengkonsumsi nasi putih. Dokter spesialis gizi Samuel Oetoro mengatakan nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi.

“Setelah makan nasi putih, kadar gula darah melonjak tinggi, kemudian turun drastis, itu yang membuat orang jadi mengantuk,” kata Samuel dalam peluncuran belVita Breakfast Pisang dan Sereal di Jakarta, dikutip intisari.grid.id Selasa (12/9/2017).

Jika rasa kantuk setelah kenyang makan nasi dilanjutkan dengan aktivitas tidur, tentu ini akan sangat membahayakan kesehatan apalagi jika dilakukan terus menerus. Untuk itu perlu ada penanganan atau tindakan yang harus dilakukan untuk tetap bisa menjaga kesehatan tubuh.

Untuk menghindari food coma atau kantuk setelah perut kenyang, maka cara menghindarinya yakni dengan menyeimbangkan makanan yang Anda konsumsi.

Jangan hanya mengandalkan karbohidrat untuk asupan sehari-hari Anda, pastikan di piring Anda ada juga kebutuhan gizi yang lain seperti protein dan sayuran hijau. Disamping menyeimbangkan asupan yang harus masuk ke dalam tubuh, olahraga rutin juga sangat penting.

Menggerakkan tubuh memang sangat penting untuk menjaga kesehatan terutama bagi yang setelah makan dalam porsi yang cukup besar. Energi yang masuk sudah seharusnya dikeluarkan dengan olahraga yang tidak harus olahraga beratt, tapi lakukan olahraga ringan seperti jogging atau berjalan kaki di waktu dan cara yang tepat.

Anda bisa menjadwalkan olahraga rutin Anda setiap harinya meski tidak dalam waktu yang lama, cukup lakukan secara teratur dan rutin. Dan untuk yang memiliki menu makanan yang selalu didominasi dengan karbohidrat setiap harinya, banyaklah berjalan kaki. Misalnya berjalan kaki dari tempat makan siang saat kembali ke kantor.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top