Penjelasan UGM Terkait Demo Mahasiswa Kemarin

Penjelasan UGM Terkait Demo Mahasiswa Kemarin

WinNetNews.com - Ratusan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) kemarin, Senin (2/5) menggelar aksi demonstrasinya. Mereka memprotes Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan status PTN BH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum), hingga menolak relokasi Kantin Bonbin. mereka pun berencana untuk bertahan dan melanjutkan orasinya.

Baca juga: Demo Rusuh, Rektor UGM Dikejar-kejar Ribuan Mahasiswa

"Sepertinya tidak ada demonstrasi susulan, belum tahu juga ada informasinya. Tapi saya rasa semua tuntutan mahasiswa sudah difasilitasi oleh rektorat. Komunikasi dengan rektor juga berjalan lancar dan mahasiswa sendiri kedepannya akan mengawal apa yang kemarin di tuntutkan," kata Kabag Humas dan Protokol UGM Iva Ariani, Selasa (3/5/2016).

Menurut Iva, ada tiga poin yang diorasikan mahasiswa saat demo kemarin dan semuanya sudah direspon oleh universitas. Mereka menuntut tunjangan kinerja (Tukin) terkait kebijakan karyawan, lalu mereka juga memprotes Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan menolak relokasi Kantin Bonbin.

 

"Dari tiga tuntutan mahasiswa kemarin sudah ada kesepakatan, soal Tukin memang itu merupakan kebijakan murni Menteri Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti), tapi UGM sudah mengusahakan hal itu. Soal UKT mahasiswa yang meminta untuk tidak naik dan disamakan seperti tahun lalu, ternyata memang kesepakatan itu sama seperti apa yang sudah dibahas di rektorat, hanya belum dipublikasikan saja. Terkait Bonbin itu dipindahkan ke Pujale (Pusat Jajanan Lembah) hanya sementara saja, sampai kantin di FIB itu siap," papar Iva.

Iva pun membenarkan tentang kabar siaran radio yang menyebut demo mahasiswa kemarin hanya sebagai simulasi pembelajaran. "Mungkin beda perspektif dan makna saja, jadi itu dilakukan sebagai simulasi ini proses pembelajaran mahasiswa. Memang iya ada siaran radio, tapi yang dimaksud agar demo itu tidak mengancam dan membuat takut hanya sebagai simulasi pembelajaran mahasiswa," sambung Iva.

Sebagaimana diketahui, ratusan mahasiswa UGM berdomonstrasi di depan Balairung Gedung Rektorat UGM. Para mahasiswa ini berunjuk rasa menolak Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan menolak penerapan uang pangkal bagi mahasiswa jalur Ujian Mandiri (UM). Selain itu juga mereka menuntuk tunjangan kinerja (Tukin) tenaga kependidikan UGM dan relokasi kantin di seputaran dalam kampus mereka, yang disebut sebagai Bonbin UGM.

disadur dari situs detik news