Penjualan Notebook Apple Meningkat, Asus Menurun
ilustrasi

Penjualan Notebook Apple Meningkat, Asus Menurun

Rabu, 14 Feb 2018 | 14:40 | Rusmanto

WinNetNews.com - Dibandingkan dengan produsen lainnya, market share Apple di sektor komputer desktop ini memang kecil. Hal ini mungkin terjadi karena sistem operasi yang dipakai eksklusif, tak sebesar ekosistem Windows.

Namun rupanya berbeda bila bicara posisi Apple di sektor consumer notebook. Karena menurut laporan terbaru dari biro riset TrendForce, Apple berhasil mengalahkan Asus di pasar notebook global.

Pencapaian ini menjadikan Apple saat ini sebagai brand laptop keempat terbesar di dunia, dikutip dari Ubergizmo, Rabu (14/2/2018). 

Sebelumnya, di tahun 2016 Asus menempati posisi keempat dan memiliki pangsa pasar 10,3%. Sementara Apple pada saat itu pangsa pasarnya 8,3%. Di tahun 2017, Asus mengalami penurunan pangsa pasar menjadi 9,5%, sedangkan Apple tumbuh menjadi 9,6%.

TrendForce memprediksi Apple akan mengalami peningkatan market share di tahun 2018 hingga mencapai 10,4%. Sementara Asus juga diprediksi mengalami peningkatan, namun tetap di bawah Apple, yakni 9,8%.

Bicara persaingan di sektor consumer notebook, Apple masih memiliki jalan yang panjang untuk bisa menjadi nomor satu. Saat ini persaingan consumer notebook dikuasai oleh Lenovo dan HP dengan market share 20%. Di posisi kedua ada Dell dengan 15%. (detikcom)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...